Mengenal Kamitetep si Serangga yang Mirip Kuaci

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – Siapa yang tidak tau serangga satu ini? Saya yakin banyak dari kalian pasti tau serangga ini. Serangga bernama Kamitetep yang bisa menyebabkan kulit kita gatal-gatal dan nyeri seperti tertusuk jarum saat kita terkena gigitannya, dan rasa gatalnya pun akan bertahan cukup lama. Kulit kita akan berubah menjadi kemerahan dan muncul bentol pada bagian yang terkena gigitan tersebut.

Kamitetep sendiri merupakan serangga jenis ngengat yang memiliki nama latin “Phereoeca Uterella“. Kamitetep ini memiliki wujud seperti ulat kepompong yang memiliki bentuk kepompong mirip kuaci dengan dua lubang di kedua ujungnya sebagai pintu agar dapat menjulurkan kepalanya bergantian. Kepompongnya itu sendiri terbuat dari serat sutra bercampur pasir. Kenapa? Karena serangga ini gemar mengonsumsi serat pakaian, sehingga mereka sering disebut sebagai hama pakaian atau ngengat pakaian. Tapi sebenarnya makanan mereka itu bukan pakaian saja, mereka juga memakan serat sutra laba-laba.
Kamitetep ini juga menyukai tempat lembap, berdebu dan kurang sinar matahari. Mereka bisa kita temukan di sudut-sudut dinding, di lantai, di kasur, di sofa, atau di lemari pakaian.

Lalu, bagaimana cara membasmi Kamitetep ini?
Cara membasminya tidaklah sulit, cukup dengan menjaga kebersihan rumah, lalu taruh kapur barus atau kamper di tempat-tempat yang mungkin akan ditinggali serangga ini.
Sekian penjelasan singkat dari saya, Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Racun Sengatan Kamitetep

Ketika menyengat atau menggigit, kamitetep biasannya akan meninggalkan bulu pada tempat yang telah ia sengat. Bulu itulah yang akan menimbulkan bentol dan bengkak dengan rasa perih dan gatal yang amat sangat. Bengkak dan bentol akibat sengatan serangga ini biasanya akan bertahan sampai beberapa hari bahkan lebih dari 1 minggu kemudian akan menghitam jika dibiarkan dan tidak diobati.

Anda bisa mengobati luka sengatan kamitetep dengan cara mengolesi dengan balsam atau bisa juga menggunakan obat gatal. Namun biasanya rasa gatal akan terasa lagi setelah efek balsamnya habis. Ada cara tradisional yang cukup ampuh untuk mengobati rasa gatal setelah digigit oleh serangga beracun ini yaitu dengan cara memasang lakban atau perekat pada bentolan dari bekas gigitan kamitetep.

Setelah lakban ditempelkan pada bagian bentol, silahkan tarik sekencang-kencangnya supaya bulu bekas sengatan hewan ini ikut tercabut oleh lakban tersebut. Selain itu, Anda juga bisa dengan menggunakan kapas yang sebelumnya telah dibasahi minyak tanah atau juga menggunakan kapur barus yang dicampur air kemudian oleskan pada bekas gigitan kamitetep.

Latest articles