Konsep Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

ENSIPEDIA.ID, BOJONEGORO–Perubahan zaman diikuti berkembangnya sarana dan prasarana yang semakin maju. Hal tersebut, memudahkan seseorang untuk melakukan pekerjaan dengan mudah.

Salah satunya, konsep “Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0” di mana Anda mungkin pernah melihat atau mendengar tema tersebut ketika menghadiri seminar ilmiah. Baik itu diselenggarakan lembaga pendidikan, kampus dan lembaga lainnya.

Gambar diakses dari bluenotes.anz.com

Pengertian revolusi industri sendiri dikutip dari gramedia.com– revolusi industri merupakan perubahan yang terjadi pada cara manusia dalam mengelola sumber daya yang ada untuk menciptakan sebuah produk.

Apa Itu Revolusi Industri 4.0?

Dikutip dari jurnal berjudul Society 5.0 : A Japanese Concept for a Superintelligent Society oleh Carolina Narvaez Rojas dan lainnya. Bentuk revolusi industri 4.0 contohnya terdapat teknologi baru pada suatu pabrik seperti adanya sensor atau sistem informasi. Tujuannya, agar para karyawan dapat melayani klien dengan baik.

Artinya, revolusi industri 4.0 menekankan pada perkembangan sistem informasi. Seperti penggunaan internet dan penerapan serta manfaat yang diterima masyarakat.

Apa Itu Society 5.0?

Dilansir dari infografis Universitas Mercu Buana, Magister Teknik Elektro berjudul “Society 5.0“. Contoh bentuk Society 5.0 seperti adanya penerapan IoT dalam kontrol bangunan. Di mana para pekerja tidak perlu terlibat dalam pembangunan yang berisiko tinggi karena ada robot yang terlibat dalam pembangunan tersebut. Contoh lainnya, tidak ada lagi uang kertas karena sudah ada cloud accounting atau pemanfaatan teknologi komputer dalam menjalankan program.

Artinya, Society 5.0 menekankan penyelesaian masalah sosial dengan menghubungkannya melalui sistem yaitu dunia maya dan dunia nyata.

Kesimpulannya, revolusi industri 4.0 dan Society 5.0 memiliki peran masing-masing dalam mengelola inovasi dan teknologi. Harapannya, banyak dampak positif yang diterima masyarakat dan masyarakat dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada.

Latest articles