Jepang, dari Negara yang Tertutup Sampai Menjadi Negara yang Maju

ENSIPEDIA.ID, Tangerang – Jepang saat ini merupakan salah satu negara maju di dunia. Jepang maju di berbagai bidang, mulai dari ekonomi, teknologi, militer, budaya, dan lainnya. Karena kemajuan negaranya, Jepang juga merupakan salah satu negara yang mempunyai pengaruh sangat besar di kancah global.

Namun, sebelum Jepang maju seperti era saat ini, Jepang pernah mengalami periode yang tertutup dari dunia luar sehingga perkembangan Jepang tertinggal dengan negara lain, terutama negara barat. Saat itu Jepang menerapkan kebijakan sakoku (negara tertutup atau mengisolasi).

Kebijakan sakoku adalah kebijakan menutup diri dari pengaruh asing dengan melarang kapal-kapal asing masuk atau berlabuh ke Jepang, dan melarang orang asing memasuki Jepang serta orang Jepang dilarang keluar dari Jepang. Kebijakan sakoku ini diterapkan pada masa Keshogunan Tokugawa (1633-1854).

Latar belakang diberlakukannya kebijakan menutup diri ini ialah untuk membendung pengaruh asing, terutama dari Portugis. Kedatangan portugis saat itu memberi pengaruh yang besar di Jepang, salah satunya ialah Portugis mulai memperkenalkan senjata api ke Jepang. Selain itu, Portugis juga menyebarkan pengaruh budaya ke Jepang. Pemerintahan Tokugawa menganggap hal ini dapat mengganggu budaya dan kestabilan politik Jepang. Akhirnya, Portugis pun diusir keluar dari Jepang dan Keshogunan Tokugawa menetapkan kebijakan sakoku.

Kebijakan sakoku atau isolasi diri Jepang berakhir ketika Amerika melakukan ekspedisi ke Jepang. Ekspedisi ini dipimpin oleh Komodor Matthew Perry dari Angkatan Laut AS, yang diberi perintah langsung oleh Presiden Amerika Serikat saat itu. Ekspedisi yang dilakukan Amerika Serikat ini bertujuan untuk memaksa Jepang membuka pelabuhan untuk keperluan dagang Amerika. Bahkan, Amerika Serikat tak segan untuk mengancam Jepang dengan kapal perang modern yang dibawanya jika Jepang tidak menyetujui dibukanya pelabuhan.

Pada akhirnya, Amerika memaksa Shogun untuk menandatangani Konvensi Kanagawa. Melalui perjanjian tersebut, Amerika dapat membuka perdagangan melalui Jepang dan hubungan diplomatik resmi Amerika-Jepang dimulai. Setelah Amerika Serikat, Jepang pun mulai membuka hubungannya juga dengan negara-negara barat, seperti Inggris dan Rusia.

Karena kedatangan Ekspedisi Amerika Serikat yang membuka mata Jepang pada dunia luar, Jepang mulai membuka diri terhadap dunia luar setelah mengisolasi diri selama bertahun-tahun lamanya. Negara Matahari Terbit itu pun mulai dan terus tumbuh menjadi negara yang maju di berbagai bidang sampai saat ini.

Latest articles