Jenis-Jenis Sistem Imunitas pada Tubuh Manusia

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – Sistem imun merupakan pertahanan berharga dalam tubuh manusia. Mereka dapat bekerja siang dan malam untuk menjaga tubuh kita tetap sehat.
Fungsi dari sistem imunitas ini tentunya untuk membunuh patogen-patogen yang masuk ke dalam tubuh kita agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit.
Dalam tubuh manusia sendiri terdapat beberapa jenis sistem imunitas. Lantas, apa saja jenis-jenisnya? Berikut ini merupakan penjelasannya!
Imunitas Aktif
Imunitas aktif merupakan sistem imunitas yang bisa didapatkan ketika toksin atau patogen berkontak langsung dengan sel imun. Hal ini menimbulkan rangsangan sehingga tubuh mampu untuk memproduksi antibodinya sendiri.

Dalam sistem imunitas aktif sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu imunitas aktif alami dan imunitas aktif buatan

  • Imunitas Aktif Alami
Seperti namanya, sistem imunitas ini terjadi secara alami pada manusia. Ketika seseorang terpapar suatu penyakit, maka sel imun akan secara otomatis memproduksi antibodi dan limfosit khusus (sel darah putih) untuk membunuh patogen tersebut. Sistem imunitas alami ini bersifat seumur hidup.
  • Imunitas Aktif Buatan
Imunitas aktif buatan terbentuk karena adanya rangsangan dari patogen yang dimasukkan ke dalam tubuh. Hal ini biasa terjadi pada orang-orang yang sudah melakukan vaksinasi. Patogen yang sudah dilemahkan dalam vaksin tersebut bisa mengaktifkan antibodi dalam tubuh.

Imunitas Pasif

Sistem imunitas pasif terbentuk ketika antibodi individu dipindahkan ke individu lainnya. Sistem imunitas ini juga terbagi menjadi 2 jenis, di antaranya sistem imunitas pasif alami dan sistem imunitas pasif buatan.
  • Imunitas Pasif Alami
Imunitas pasif alami ini biasa terjadi pada balita. Hal ini dapat terjadi karena penyaluran antibodi IgG (immunoglobulin G) yang teralirkan lewat ASI. Antibodi ini biasanya akan menimbulkan kekebalan pada bayi untuk beberapa Minggu sampai beberapa bulan setelah melahirkan.
  • Imunitas Pasif Buatan

Sedikit berbeda dengan yang tadi, sistem imunitas ini dapat ditemui melalui penyaluran antibodi melalui serum. Antibodi ini bisa didapatkan dari orang maupun hewan yang kebal terhadap suatu penyakit karena sudah pernah terpapar sebelumnya.

Nah, itu tadi merupakan jenis-jenis sistem imunitas dalam tubuh. Terimakasih sudah membaca and stay healthy!

Latest articles