Fakta Unik Seputar Ikan Hiu

ENSIPEDIA.ID, Indramayu – Halo Sobat EB!I kan Hiu adalah sekelompok (superordo Selachimorpha) ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap dan tubuh yang ramping.

ilustrasi, hiu megalodon (Youtube)

Spesifikasi

Nama ilmiah: Selachimorpha
Kecepatan: 50 km/jam (Maximum, Dewasa, Di dalam air, Dalam jarak dekat)
Kelas: Chondrichthyes
Filum: Chordata
Kerajaan: Animalia

Tahukah kamu? Fosil hiu tertua berusia sekitar 450 juta tahun. Ini berarti mereka ada di Bumi bahkan sebelum dinosaurus. Dalam 439 juta tahun terakhir, ada 5 kepunahan besar dan hiu bertahan dari semuanya.

Ikan hiu hidup di perairan laut, payau dan air tawar dengan ukuran panjang tubuhnya ada yang kurang 30 cm seperti hiu air.tengah (Squaliolus laticandus) dan ada yang mencapai lebih dari 13,5 m seperti hiu paus (Rhincodon typus) yang terdapat di perairan beriklim sedang dan perairan tropis.

Beberapa hiu memiliki spirakel, rongga kecil di belakang mata yang mendorong air masuk ke insang. Hal ini membantu mereka bisa tetap diam selama tidur. Bahkan, Hiu memiliki periode tidur lelap lebih banyak dari manusia. Mereka tampaknya “tidur sambil berenang”, dan otak mereka menjadi tidak terlalu aktif meski tetap berenang.

Ada banyak jenis hiu. Beberapa yang paling terkenal diantaranya adalah:

•Hiu banteng (Bull shark)

•Hiu putih besar (Great White shark)

•Hiu kepala martil (Hammerhead shark)

Nurse shark

•Hiu Sand Tiger

•Hiu macan (Tiger shark)

•Hiu paus (Whale shark)

Hiu paling besar yang pernah tercatat adalah hiu paus (whale shark), panjangnya mencapai 14 meter. Sedangkan hiu terkecil yang pernah tercatat adalah hiu Dwarf Lantern, panjangnya hanya 15,24 cm.

Hiu putih besar memiliki persebaran di hampir seluruh dunia. Mereka juga bisa ditemukan di Indonesia. Sudah begitu, mereka bisa ditemukan di kedalaman 0 sampai 1.875 meter di bawah permukaan laut!

Setidaknya, ditemukan 118 jenis hiu di Indonesia, dimana seperempatnya diberi status Terancam Punah oleh IUCN. Satwa ini juga dikenal bereproduksi secara lambat. Hiu memiliki cara berkembang biak yang berbeda-beda. Sebagian spesies hiu masuk golongan ovipar, artinya mereka bertelur. Sebagian lainnya adalah vivipar dan melahirkan anak.

Sekitar 48% mangsa yang diburu hiu putih besar berakhir dengan terbunuh dan menjadi santapan predator ini. Sedangkan hiu macan, mereka menyerang mangsanya dari bawah, dan menyeretnya ke bawah untuk menenggelamkan mangsa tersebut.

Pada tahun 1935, seekor hiu macan dibawa ke dalam penangkaran kebun binatang Australia. Keesokan harinya, hiu tersebut memuntahkan sebuah lengan bertato.

Hiu memang sering digambarkan sebagai ikan yang suka menyerang dan menggigit manusia, bahkan menjadi ancaman menakutkan di laut. Namum, sebenarnya manusialah yang menjadi ancaman terbesar bagi populasi ikan ini.

Diketahui kemudian, lengan tersebut adalah milik korban pembunuhan. Menggunakan DNA yang tersisa, polisi akhirnya menangkap si pembunuh.

Berikut beberapa film yang berhubungan dengan ikan hiu:

-Pada tahun 1974, Peter Benchley menerbitkan sebuah buku yang menceritakan tentang seekor hiu putih hiu besar yang meneror sebuah kota pantai kecil. Buku tersebut berjudul Jaws. Lalu pada tahun 1975, Steven Spielberg membuat film dari buku tersebut dengan judul yang sama yakni Jaws. Film ini memiliki empat sekuel. Film Jaws mendulang sukses sehingga Universal Pictures membuka wahana pelayaran di lokasi syuting yaitu di Amity Harbour.

Orang-orang yang menaiki wahana di Amity Harbour akan melakukan pelayaran dan disimulasikan “diserang” oleh hiu putih besar seperti adegan dalam film.

-Pada tahun 2003, Disney dan Pixar merilis film tentang seekor ikan badut (clownfish) yang terpisah dari ayahnya. Dalam film tersebut terdapat tiga hiu yang mengatakan bahwa, “Ikan adalah teman, bukan makanan.”

Ketiga hiu tersebut adalah Anchor (seekor Scallop Hammerhead), Bruce (seekor Great White Shark), dan Chum (Hiu Shortfin Mako). Film ini berjudul Finding Nemo.

 

Jadi, bagaimana nih menurut kalian? Kasih tahu kami di kolom komentar ya!

Nanda Eca Riski
Berselancar di internet cari pengalaman

Latest articles