Asal-usul Bendera Kuning yang Dijadikan Sebagai Simbol Kematian

ENSIPEDIA.ID, Jember – Bendera Kuning yang terpampang di rumah merupakan sebuah simbol kematian, yang artinya salah satu dari penghuni rumah tersebut meninggal dan para keluarganya sedang berduka.

Pada umumnya, di berbagai negara warna yang identik dengan kematian ataupun sedang berkabung adalah warna hitam. Contohnya saja di Inggris, warna hitam menjadi lambang kesedihan.

Hal ini bermula ketika Ratu Inggris Victoria, yang menghadiri makam suaminya dengan mengenakan pakaian berwarna hitam, sejak saat itulah, muncul sebuah tradisi yang menyebutkan bahwa warna hitam merupakan lambang kesedihan.

Namun, seakan berbeda dengan yang lain, warna yang identik dengan simbol kematian di Indonesia lebih dominan dengan warna kuning. Lantas, mengapa bendera ataupun warna kuning dijadikan sebagai simbol kematian? Simak penjelasannya di bawah ini:

Bermula dari Masa Penjajahan Kolonial

asal-usul-bendera-kuning-yang-dijadikan-sebagai-simbol-kematian
Ilustrasi bendera kuning dengan huruf Q di tengahnya yang diterapkan pada masa kolonial

Semua ini bermula pada masa penjajahan oleh kolonial Belanda terhadap Indonesia, mulanya, dikenal dengan bendera kotak panjang polos yang berwarna kuning dan terdapat huruf Q.

Huruf Q berasal dari kata “quarantine” yang memiliki arti karantina. Maksud dari kata tersebut adalah pada zaman dulu terdapat wabah yang mematikan, orang yang menderita wabah tersebut diberikan penanda agar wajib untuk dikarantina.

Konon, pada masa itu, wabah tersebut sangat mematikan, cepat menular dan juga banyak korban yang berjatuhan. Oleh karena itu, banyak bendera kuning yang selalu terlihat pada setiap kematian.

Eksis Hingga Sekarang

mengenal-kasta-kasta-yang-ada-di-india-kasta-yang-paling-bawah-haram-disentuh
Beberapa warga yang sedang mengibarkan bendera kuning sebagai penanda kematian (foto: kompas.com

Berasal dari cerita tersebut, di mulai dari orang yang mengalaminya pada waktu itu hingga sampai pada masa yang sekarang ini, tradisi ini terus digunakan dan diajarkan kepada anak ataupun cucu mereka.

Hingga saat ini, masih banyak orang yang memasang bendera kuning dirumahnya jika ada salah satu keluarga yang meninggal, tentu hal ini digunakan sebagai penanda kematian dan mempermudah orang lain yang akan bertakziah.

Tidak Hanya Warna Kuning

asal-usul-bendera-kuning-yang-dijadikan-sebagai-simbol-kematian
Masyarakat Tionghoa dengan mengenakan baju warna putih yang sedang berduka (foto : tionghoa.info)

Meskipun mayoritas dari masyarakat Indonesia menggunakan bendera kuning sebagai simbol kematian, namun di Indonesia bagian lain ada yang menggunakan warna putih sebagai simbol duka. Contohnya saja adalah masyarakat Tionghoa, Makassar, ataupun Kalimantan, baik yang beragama Islam ataupun Kristen.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles