Alasan Wanita Cenderung Lebih Gemuk Dibandingkan dengan Pria

ENSIPEDIA.ID, Palembang – Pernahkah terbesit di pikiran kalian tentang alasan mengapa seorang wanita terlihat lebih gemuk daripada pria, padahal mereka memiliki berat badan yang sama? Hal ini terjadi tidak serta merta disebabkan oleh asupan makanan ataupun perbedaan tingkat aktivitas antara seorang pria dan wanita. Ternyata penyebab dari fenomena tersebut adalah karena ‘settingan’ dari dalam tubuh wanita itu sendiri.

Tubuh wanita memiliki kemampuan untuk menyimpan lebih banyak lemak dibandingkan dengan pria. Sedangkan pria, alih-alih menyimpan banyak lemak, tubuh pria cenderung terdiri dari lebih banyak otot. Dengan banyaknya massa otot yang dimiliki oleh seorang pria, maka asupan kalori yang dibutuhkan juga akan menjadi semakin banyak.

Oleh karenanya, tidak masalah bagi seorang pria untuk makan lebih banyak, sesuai dengan massa otot yang dia punya. Berbeda dengan wanita yang membutuhkan asupan kalori lebih sedikit, sehingga ketika wanita makan sedikit lebih banyak, maka akan menyebabkan kenaikan berat badan yang begitu signifikan.

Dengan naiknya berat badan secara signifikan, akan menyebabkan penumpukan lemak sehingga kemudian akan menyebabkan tubuh wanita tersebut kelihatan lebih mengembang daripada sebelumnya. Oleh karenanya, menjaga pola makan merupakan hal yang krusial bagi seorang wanita.

Khairul Apandi
Peramu Kata

Latest articles