ENSIPEDIA.ID, Tasikmalaya. – Perkembangan dunia digital menyebabkan terjadinya perubahan pada perilaku masyarakat. Perubahan yang terjadi berdampak pada kondisi milenial khususnya di Indonesia. Perkembangan digital memiliki pengaruh yang besar terhadap mobilitas masyarakat khususnya dalam mengadaptasikan teknologi sebagai alat akomodasi dalam mengakses fasilitas terbaru.

Mobilitas dan Aktivitas Perbankan yang Lebih Cepat dan Efisien

Studi Visa telah melakukan penelitian diantaranya menyangkut beberapa variabel diantaranya adalah keunggulan fitur perbankan 24 jam, kenyamanan untuk penggunanya, kemudahan dalam proses pembuatan rekening bank, pelayanan lebih baik, dan kemudahan dalam mengambil pinjaman bank.

Dari hasil studi yang sudah diinterpretasikan , ternyata 4 dari 10 konsumen melihat perbankan viritual lebih nyaman, cepat, dan inovatif tanpa mengunjungi kantor cabang. Walaupun perbankan viritual, 5 dari 10 konsumen di Indonesia memiliki peluang tinggi diretas oleh orang yang tidak dikenal sebesar 48%.

Kemudahan Membuka Rekening Perbankan

Dalam kawasan Asia Tenggara, minat terhadap perbankan viritual memiliki dominasi milenial dengan persentase sebesar 89%. Hal ini membuktikan bahwa antusiasme milenial dalam menggunakan bank viritual sangat tinggi.
Selain itu, bank viritual memiliki kemudahan dalam membuka rekening secara mobile sehingga efektivitas dapat diarahkan menjadi lebih baik. Rata-rata milenial berpikiran bahwa dengan adanya bank viritual, mereka tidak perlu pergi ke kantor cabang bank yang akan dituju untuk melakukan pembukaan rekening.
Kesimpulan
Dengan adanya aktivitas bank viritual, transformasi dunia perbankan telah mengalami perubahan yang pesat. Maka dari itu, adaptasi yang dapat dilakukan oleh kita adalah dengan menggunakan dan mengaplikasikannya dengan baik.
Referensi
[1] Santia, Tira. 2022. “Layanan Bank Viritual Kian Digemari di Indonesia, Milenial Paling Banyak Dipakai”. www,liputan6,com. Diakses pada tanggal 23 Februari 2022.
Studi Visa: 89 Milenial Tertarik dengan Layanan Perbankan Viritual”. www,wartaekonomi,co,id. Diakses pada tanggal 23 Februari 2022.