6 Fakta Unik Beruang Grizzly yang Jarang Dibahas

ENSIPEDIA.ID, Indramayu – Halo sobat EB! Ketika melihat beruang grizzly, apa yang ada di  dalam pikiranmu?

Apakah lucu, lembut, atau justru malah mengerikan?

Tahukah kamu, beruang akan makan terus menerus sebelum pergi hibernasi. Saat makan menjelang hibernasi, berat badannya bisa naik 1kg dalam sehari. Ketika mereda sedang hibernasi, sangat tidak disarankan mendekati beruang grizzly karna mereka sangat mudah terbangun. Sebelum membayangkan beruang grizzly, sepertinya kita harus membahas beberapa fakta unik seputar beruang grizzly yang jarang dibahas.

 

Ilustrasi beruang cokelat langka marsica (Ursus arctos marsicanus) (Wikipedia/Creative Commons)

 

Dikenal Sebagai Beruang Coklat Beruban

Nama grizzly ternyata datang dari bulu cokelat mereka yang memiliki ujung berwarna coklat putih, terutama terpapar sinar matahari. Karena itu, tampilan mereka seperti beruban alias grizzled jika dalam bahasa Inggris.

 

Omnivora Terbesar

Dengan bobot mencapai 363 kilogram dan tinggi mencapai 2,4 meter bila berdiri, beruang grizzly merupakan salah satu omnivor terbesar di daratan. Mereka akan memakan apa saja, mulai dari rusa besar, ikan salmon, buah, kacang-kacangan, beri, dan lain-lain.

 

Memiliki Punuk Penuh Otot

Salah satu yang mungkin kamu sadari ada pada beruang grizzly adalah punuknya. Ini merupakan salah satu ciri yang membedakannya dari beruang hitam. Punuk ini terdiri dari otot-otot yang memberi mereka kekuatan lebih untuk menggali tanah ataupun melumpuhkan mangsa.

 

Dapat Berlari 56KM/Jam

Jangan keliru, beruang grizzly mungkin terlihat malas dan gak bisa bergerak cepat dengan ukuran tubuhnya yang begitu besar. National Wildlife Federation melansir fakta bahwa predator ini bisa lari secepat 35 mil per jam atau 56 kilometer per jam. Ini lebih cepat dari pelari kenamaan Usain Bolt yang punya rekor 100 meter dengan kecepatan 44,72 kilometer per jam.

Tapi tenang dulu, kecepatannya tidak bertahan lama mengingat bobotnya yang begitu berat. Walaupun begitu, manusia masih akan tertangkap jika dikejar.

 

Kawin Silang Dengan Beruang Kutub

Beruang grizzly yang tinggal dekat dengan kutub utara dan kadang berkelana memasuki teritorial beruang kutub. Para peneliti menduga kalau perubahan iklim menyebabkan kawin antarspesies ini.

 

Pernah Terancam Punah

Dulu, beruang grizzly kerap jadi target olahraga berburu. Populasinya menurun drastis dan berada di ambang kepunahan. Perluasan wilayah untuk kebutuhan manusia juga makin mempersempit habitat alami mereka. Hal ini membuat beruang grizzly sering memasuki area tempat tinggal manusia dan terancam dibunuh.

Kini, populasi beruang grizzly mengalami peningkatan. National Geographic, melansir bahwa beruang grizzly dilindungi oleh hukum lingkungan Amerika Serikat, U.S. Endangered Species Act. Namun, beberapa upaya konservasi dan perlindungan masih terus digalakkan supaya beruang grizzly bisa hidup dengan damai.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Jadi, bagaimana nih menurut kalian? Kasih tahu kami di kolom komentar ya!

 

Nanda Eca Riski
Berselancar di internet cari pengalaman

Latest articles