Waspada Binary Option, “Judi Online” Berkedok Trading

ENSIPEDIA.ID, Jember – Binary Option beberapa waktu ini banyak menjadi perbincangan oleh banyak orang. Hal ini disinyalir karena banyaknya pengakuan pengguna binary option yang telah merugi. Namun, disisi lain juga banyak orang yang mengaku kaya dari hasil binary option.

Di Indonesia, binary option telah beroperasi sejak lama. Namun, kegiatan tersebut bersifat tidak resmi atau ilegal. Keberadaan binary option terus diberantas oleh pemerintah dalam hal ini adalah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

Namun, berdasarkan fakta yang ada di lapangan, binary option masih eksis hingga sekarang dan telah merugikan banyak orang hingga berpuluh-puluh juta.

Cara Kerja Binary Option

Seperti dilansir dari kompas, cara kerja dari binary option ini tergolong mudah dan sederhana. Anda hanya perlu menebak pergerakan suatu jenis aset dalam jangka waktu tertentu. Hal ini sangat berbeda dengan trading, yang para pemainnya diharuskan membeli maupun menjual.

Jika sudah menentukan aset yang akan diperdagangkan, maka pengguna harus mempertaruhkan sebagian modalnya untuk mendapatkan keuntungan. Hal inilah yang membuat binary option disebut-sebut sebagai sebuah judi.

Jika pengguna menebak dengan benar naik dan/atau turunnya suatu aset, maka akan memperoleh keuntungan sekitar 60-90 persen. Namun, jika menebak dengan salah, maka modal yang dipertaruhkan akan hilang.

Bagi pengguna baru, biasanya diberikan sebuah akun percobaan agar sang pengguna semakin tertarik untuk mencoba binary option tersebut. Akun ini dapat digunakan pengguna untuk menebak pergerakan aset.

Binary Option Dipastikan Ilegal

Selaku pihak yang memiliki tanggung jawab untuk memberantas binary option, Bappebti menyatakan bahwa tidak ada satu pun platform binary option yang sifatnya legal di Indonesia, semuanya ilegal. Dengan begitu, maka semua kegiatannya pun dikategorikan sebagai suatu yang ilegal.

Bappebti tidak pernah menerbitkan izin untuk binary option karena merupakan kegiatan yang dilarang oleh UU PBK (Perdagangan Berjangka Komoditi) Pasal 1 angka 8 UU No 10 Tahun 2011 tentang Perubahan atas UU No 32 Tahun 1997,” ujar Plt Kepala Bappebti Indrasari Wisnu Wardhana, seperti dilansir dari kompas.

Indrasari Wisnu Wardhana selaku plt Kepala Bappebti juga berujar bahwa sepanjang tahun 2021, total sebanyak 1.191 domain entitas investasi ilegal di bidang PBK, dan 92 diantaranya digolongkan sebagai binary option.

Bappebti telah melakukan pemblokiran berbagai kali terhadap platform binary option, salah satu yang populer dikalangan masyarakat adalah binomo. Namun, berkali-kali juga binomo kembali eksis di dunia digital.

Cara Terhindar Dari Binary Option

Setelah mengetahui fakta-fakta terkait dengan segala bentuk kerugiannya, masyarakat diharapkan untuk mengetahui dan menghindari binary option.

Perencana keuangan, Eko Endarto mengungkapkan bahwa dalam berinvestasi bukan hanya mengerti tentang produk, tetapi juga paham dan mengetahui bagaimana cara kerja produk tersebut. Selain itu, investor juga memahami risiko dari investasi sehingga tidak menimbulkan masalah dilain hari.

“Yang sering terjadi orang masuk ke suatu produk tapi tidak mengerti dan tidak tahu cara kerjanya. Sehingga tidak memahami transaksi dan trading yang dilakukan,” ujar Eko, seperti dilansir dari kompas.

Eko juga mengungkapkan bahwa masyarakat hanya tertarik dengan hasil yang banyak tanpa dibekali dengan pengetahuan yang mumpuni terkait dengan keuangan dan investasi. Padahal, jika dilihat berdasarkan cara kerjanya, binary option tergolong memiliki risiko yang sangat tinggi.

“Kekurangan kita ini, soal literasi keuangan. Orang hanya tergiur dengan hasil tinggi, tapi tidak memikirkan risiko. Ditambah (Binary Option) tidak diakui oleh regulator pula dan sistemnya banyak dipermainkan. Berarti ini sangat berisiko,” tegas dia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi. Ia mengatakan bahwa masyarakat ingin kaya secara mendadak tetapi tidak mengetahui dasar fundamental dan tekniknya. Terlebih lagi binary option sudah ada sejak lama dan diilegalkan oleh pemerintah.

“Binary option kan dari dulu memang illegal, nah mengapa mereka bisa tertipu? Karena banyak yang ingin kaya mendadak. Tidak menguasai data fundamental dan teknikal, padahal Bappebti dan OJK sudah memberi sinyal sejak lama (bahwa binary option ilegal),” kata Ibrahim.

Bagi masyarakat ingin berinvestasi melalui platform trading, terlebih dahulu bisa mengecek legalitas dari platform tersebut di website resmi Bappebti, bappebti.go.id.

 

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles