Viral, Beredar Foto Kecurangan UTBK SBMPTN 2022 Lengkap dengan Identitasnya

ENSIPEDIA.ID, Jember – Pengumuman UTBK SBMPTN 2022 akan dilaksanakan pada Kamis (23/6/2022) pukul 15.00 WIB. Namun, beberapa hari ini warganet digemparkan terkait dugaan kecurangan yang dilakukan oleh beberapa peserta.

Hal tersebut bermula ketika akun anonim Twitter @/Chanecha022 mengunggah cuitan berisi link grup Telegram yang membagikan foto-foto ketika ujian.

“Teman-teman, aku nemu ini di telegram grup belajar gitu bit.ly/UTK4C. Isinya foto-foto ujian UTBK kemarin. Sedih banget sudah belajar serius masih bisa ya ada yang curang,” tulis akun Twitter @/Chanecha022.

Setelah postingan tersebut diunggah, ramai-ramai netizen menyerbunya sehingga membuat berita tersebut viral di berbagai media sosial. Link yang diunggah oleh akun anonim tersebut berisi identitas peserta UTBK 2022 dan foto-foto soal ujian yang diduga mereka potret sendiri.

Akun anonim tersebut kini sudah menghapus cuitannya terkait dugaan tindak kecurangan UTBK. Ia mengaku bahwa dirinya mendapatkan ancaman pelecehan seksual dan ancaman pembunuhan.

“Dan betul aku akun faker. Aku sudah tau bakal seperti ini. Sekarang aku diancam ditangkap karena kasus penipuan gara-gara ngirim twit itu, dikirimin foto dan diancam pelecehan seksual sampe diamcam dibunuh ditenggelamkan,” tulisnya.

Dari beberapa foto yang diunggah oleh akun anonim tersebut, terlihat menunjukkan lokasi salah satu kampus yang ada di Yogyakarta. Menanggapi hal tersebut, pihak kampus telah memberikan tanggapan melalui akun Twitter resminya.

“Ya kak. Sudah tercatat di berita acara pengawas dan laporan resmi di @ltmptofficial pada hari H kejadian,” klarifikasi pihak kampus.

Hingga saat ini, pihak Lembagai Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) belum memberikan klarifikasinya atas maraknya dugaan tindak kecurangaan saat UTBK berlangsung. Adapun warganet memberikan tanggapan yang beragam atas viralnya berita ini.

“Angkatan UTBK 2022 adalah angkatan paling terbadut. Banyak kasus dari peserta utbk hamil, mau nikah, oplas,ada anak dapat bocoran lolos sbmptn dari temen ayahnya sampai soal bocor di gdrive lol,” komentar salah satu warganet.

“Joki UTBK untungnya apa? Masuk bukan karena kemampuan sendiri, pas kuliah ngang ngong ngang ngong,” cuit yang lain.

“Jujur habis mantau ‘teh’ malam ini aku jadi merasa bangga ngerjain utbk pake metode nembak dan asal-asalan, at least my posisition is higher than you, brat” ucap lainnya.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles