UNESA Disebut Layak Dirikan Fakultas Kedokteran, Kapan Buka Pendaftaran Mahasiswa?

ENSIPEDIA. ID, KENDAL – Universitas Negeri Surabaya atau UNESA diberikan rekomendasi oleh Kementerian Kesehatan RI untuk mendirikan fakultas kesehatan.

Kampus dengan semboyan ‘Satu Langkah di Depan’ ini nantinya akan membuka dua program studi baru, yaitu Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter atau program Profesi Dokter.

Kementerian Kesehatan pada Rabu, 28 Desember 2022 lalu sempat berkunjung ke kampus UNESA untuk melakukan asesmen lapangan. Hasilnya, UNESA disebut layak untuk mendirikan dua prodi tersebut berdasarkan penilaian dari berbagai aspek.

Kunjungan Kemenkes ke UNESA diwakili oleh Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia drg. Arianti Anaya, M.KM., ditemani oleh Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan Kemenkes Dra. Oos Fatimah Rosyati M. Kes beserta jajaran timnya.

 

Visitasi ini meninjau langsung gedung yang disiapkan sebagai lokasi Fakultas Kedokteran yang ada di kampus Lidah Wetan. Selain itu, mereka juga mengecek semua fasilitas dan laboratorium yang disediakan.

 

Pendirian Fakultas baru di UNESA ini juga dilatarbelakangi oleh minimnya ketersediaan dokter di Indonesia khususnya wilayah bagian timur. Jumlah dokter di Indonesia masih terbilang belum merata penyebarannya.

Pun, rasio jumlah dokter di Indonesia terbilang masih sangat kurang dengan 0,42 dokter per 1.000 populasi. Padahal, idealnya menurut WHO adalah satu dokter per 1.000 populasi. Artinya, bukan hanya masalah pemerataan, tetapi jumlah dokter di Indonesia pun juga masih kurang.

Dari masalah yang disebutkan di atas, akan berdampak pada tidak terpenuhinya akses masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dasar maupun spesialis. Nah, dengan hadirnya FK di UNESA diharapkan mampu mencetak dokter-dokter yang andal sekaligus berkompeten sehingga dapat membantu distribusi akses pelayanan kesehatan di Indonesia.

Kesiapan UNESA juga disebut sudah matang, dilihat dari jumlah laboratorium dan fasilitas yang mendukung keberlangsungan Fakultas Kedokteran. Ada 12 laboratorium termasuk sarana prasarana di dalamnya yang telah disiapkan UNESA, di antaranya Lab Anatomi, Lab Patologi Anatomi, Lab Patologi Klinik, Lab Parasitologi, Lab Fisiologi, Lab Mikrobiologi, Lab Biokimia, Lab Histologi, Lab Osce dan Keterampilan Klinik Medis, Lab Kesehatan Masyarakat dan Komunitas serta Lab Bioetika dan Humaniora Kesehatan.

Selain menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana, UNESA juga telah menghadirkan dosen-dosen sebagai tenaga pengajar nantinya di FK UNESA.

Diharapkan, Fakultas Kedokteran UNESA bisa mulai membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 dengan jalur yang telah ditentukan oleh pemerintah.

 

 

 

 

Hilmi Harsaputra
Menyukai bidang sosial-hukum, sosial-budaya, geografi, dan astronomi.

Latest articles