Timor Leste Resmi Jadi Anggota ASEAN Ke-11

EENSIPEDIA. ID, KENDAL – Organisasi regional Asia Tenggara atau ASEAN resmi mengakui Timor Leste menjadi anggotanya yang ke-11. Hal tersebut diumumkan langsung di KTT Asean yang kali ini bertempat di Kamboja pada Jumat (11/11).

“Komunitas Ekonomi ASEAN dan Komunitas Sosio-Budaya ASEAN sepakat secara prinsip untuk mengakui Timor Leste menjadi anggota kesebelas ASEAN,” demikian pernyataan para pemimpin ASEAN.

Timor Leste juga diberi status pemantau oleh para pemimpin ASEAN. Kini, negara itu dapat mengikuti seluruh pertemuan ASEAN. Selain itu, ASEAN akan mempersiapkan roadmap untuk Timor Leste sebagai bagian dari antusias anggota ASEAN yang lain. Peta jalan itu akan diumumkan saat KTT ke-42 ASEAN.

“Semua Negara Anggota ASEAN dan rekan-rekan eksternal harus mendukung penuh Timor Leste untuk menggapai pencapaian-pencapaian melalui bantuan pembangunan kapasitas dan dukungan lain untuk keanggotaan di ASEAN,” demikian poin terakhir kesepakatan tersebut.

Langkah Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN memang sudah lama terlihat. Negara itu telah mengajukan diri untuk bergabung sejak 2011. Namun, perbedaan pandangan di antara anggota ASEAN menjadi penghalang Timor Leste untuk bergabung keanggotaan.

Sebelumnya, RI juga sangat mendukung Timor Leste untuk bergabung ke ASEAN. Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah.

“Di tahun 2023 nanti yang juga menjadi salah satu prioritas Indonesia adalah mencoba meyakinkan negara-negara anggota ASEAN lainnya untuk dapat menerima Timor Leste sebagai anggota baru ASEAN,” kata Teuku Faizasyah dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Hilmi Harsaputra
Menyukai bidang sosial-hukum, sosial-budaya, geografi, dan astronomi.

Latest articles