Terpikat Gadis Muda, Pria Sulsel Ini Sampai Nekat Palsukan Surat Kematian Istri Sah, Keduanya Kini Berstatus DPO!

ENSIPEDIA.ID, KENDAL – Salah satu warga Desa Bone Subur, Kecamatan Sabbang Selatan, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan berinisial FH (38) membuat keputusan yang cukup nekat. Bagaimana tidak, ia melakukan hal itu hanya untuk menikahi seorang gadis muda yang tak disangka merupakan tetangganya sendiri.

Memalsukan Surat Kematian Istri Sah

Ilustrasi cincin nikah dan buku nikah | Pixabay

FH dan istri sahnya yang bernama Delimang telah menikah selama 10 tahun lamanya dan tinggal di Maluku. Konflik ini bermula ketika FH pamit kepada sang istri untuk pulang kampung di Desa Bone Subur. Setelah mengadu nasib di kampungnya, FH mengubah Kartu Keluarga (KK) tanpa sepengetahuan dan izin dari istrinya.

FH jatuh cinta pada seorang mahasiswi bernama WH (19) yang tak lain adalah tetangganya di kampung. Untuk lanjut ke pelaminan, FH harus memalsukan surat kematian istri sahnya.

“FH membuat surat kematian palsu istrinya sendiri pada bulan November 2021 sebelum melangsungkan pernikahannya dengan WH, padahal istri pertamanya, Dalimang dalam kondisi masih hidup dan tinggal di Maluku. Surat-surat tersebut digunakan FH sebagai laporan pengurusan perkawinan dengan WH,” kata Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Luwu Utara, Aipda Yuliany pada Senin (21/2/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

Sayangnya, rencana nikah “sembunyi” ini tidak berjalan dengan lancar. Sang istri sah, Delimang mengetahui niat busuk suaminya. Delimang pun bergegas menuju ke Desa Bone Subur untuk mencari keberadaan suaminya, tetapi ia tak menemukannya di sana. Kemudian ia melaporkan kasus ini ke Polres Luwu Utara.

Setelah mendengar laporan tersebut, pihak kepolisian langsung menerjunkan personilnya untuk melakukan penyidikan dan mencari tahu keberadaan FH dan WH. Namun, keduanya dikonfirmasi telah meninggalkan daerah itu. Akibatnya, mereka ditetapkan masuk dalam Daftar Pencarian Orang atau DPO.

Menurut Yuliany, FH dan WH dinyatakan DPO sesuai nomor registrasi laporan yakni LPB/256/XII/2022/SPKT/Res.Lutra tanggal 17 Desember 2021.

“Kami sudah melakukan pencarian namun keduanya yakni FH dan WH sudah meninggalkan Bone Subur, bagi masyarakat yang menemukan mereka segera hubungi kami di Polres Luwu Utara dengan nomor 081223742002,” lanjutnya.

 

 

Hilmi Harsaputra
Menyukai bidang sosial-hukum, sosial-budaya, geografi, dan astronomi.

Latest articles