‘Tanaman Penis’ Langka Asal Indonesia yang Mekar di Eropa dalam 25 Tahun Terakhir

Ensipedia.id, Jember – Armophophallus merupakan tanaman yang bentuknya menyerupai penis telah tumbuh di taman Leiden Hortus Botanicus, Belanda. Tanaman penis ini merupakan yang pertama kali dalam 25 tahun terakhir.

Seperti yang dilaporkan oleh New York Post, tanaman yang menyerupai penis ini berbunga pada tanggal 19 Oktober 2021. Dengan tersiarnya kabar tersebut, banyak orang yang berbondong-bondong untuk melihat tanaman langka yang memiliki bau busuk tersebut.

Armophophallus decus-silvae merupakan tanaman yang berasal dari Indonesia tepatnya Pulau Jawa. Tanaman ini juga sulit untuk mekatlr, sekalinya mekar, maka akan mengeluarkan bau busuk yang kuat.

Menurut ahli botani, ini merupakan ketiga kalinya salah satu tanaman yang menyerupai penis bau (armophophallus) dapat berbunga di Benua Eropa. Tercatat, mekarnya tanaman jenis tersebut terakhir kali terjadi pada tahun 1997.

Yang saat ini sedang mekar di Leiden Hortus Botanicus merupakan tanaman yang ditanam oleh seorang tukang kebun Belanda pada tahun 2015. Setelah enam tahun lamanya, akhirnya tanaman tersebut dapat mekar. Tentu hal ini tidak lepas dari para sukarelawan dengan penuh kasih sayang merawatnya.

Melalui akun instagram resmi Leiden Hortus Botanicus : “Karena tanaman itu sendiri sangat langka dan hanya sedikit kebun raya yang memiliki koleksi amorphophallus decus-silvae, mengamati tanaman yang sedang mekar sangat istimewa.”

“Pada tahun-tahun ketika tanaman tidak berbunga, ia mengumpulkan energi dengan hanya membuat daun dan menyimpan makanan dalam umbi-umbian. Setelah mekar, siklus pertumbuhan daun dimulai lagi.”

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles