SiCepat Akui Kesalahannya PHK 365 Kurirnya Secara Sepihak

ENSIPEDIA.ID, KENDAL – SiCepat Ekspress, salah satu perusahaan ekspedisi sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Pasalnya, perusahaan yang berdiri sejak 2014 itu melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal terhadap ratusan karyawannya. PHK tersebut dinilai dilakukan secara sepihak sehingga karyawan-karyawan yang terdampak merasa dirugikan.

Chief Marketing Corporate Communication Officer SiCepat Ekspress Wiwin Dewi Herawati menyampaikan permohonan maaf dan penyesalannya atas permasalahan yang terjadi. Wanita yang akrab disebut “madam” itu mengiyakan adanya kesalahan prosedur pada pemecatan karyawannya.

“Jadi pertama kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul dari pemberitaan ini,” ujarnya dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu (16/3/2022).

“Atas pemberitaan tersebut kami ingin mengklarifikasi, lebih tepatnya mengakui adanya kesalahan prosedur pada proses PHK yang sebagaimana seharusnya tidak dilakukan pada karyawan yang terdampak,” jelasnya.

Ia mengatakan, karyawan yang terdampak merupakan korban “salah target,” karena sebenarnya prosedur tersebut dilakukan untuk karyawan yang bermasalah saja.

“Seperti yang diberitakan oleh teman-teman maupun media sosial. Sebenarnya prosedur itu kita lakukan kepada karyawan yang memang bermasalah,” sambungnya.

Atas kekeliruan tersebut, pihaknya akan bertanggung jawab dengan memberikan kompensasi serta memenuhi hak-hak karyawan sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku. SiCepat Ekspress juga akan melakukan pendekatan secara kekeluargaan.

“Kemudian bagi yang terdampak saat ini SiCepat Ekspres sebetulnya sudah bertanggungjawab dengan cara memberikan kompensasi yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kemudian melakukan konsolidasi pendekatan secara kekeluargaan,” sambungnya.

Wiwin juga mengatakan pihak-pihak yang terlibat dalam kesalahan prosedur ini akan dikenakan sanksi. SiCepat, katanya, sedang dalam proses pembaruan manajemen human capital (MHC) sehingga akan terdapat peningkatan baik pada skill, maupun kualitas karyawan.

SiCepat Ekspress mempersilakan penggunanya untuk menyampaikan aspirasi, saran dan kritik terhadap kinerja mereka melalui whatsapp AKSI (Interaksi Karyawan SiCepat) dengan mengirimkan pesan “AKSI” ke nomor 0813-1915-8889.

Hilmi Harsaputra
Menyukai alam dan dunia secara fisik, flora fauna serta astronomi.

Latest articles