Bukan Para Jin, Kerajaan Inilah yang Membangun Candi Prambanan

ENSIPEDIA.ID, JEMBER – Berdasarkan cerita rakyat yang beredar, yang membangun Candi Prambanan merupakan para jin yang diperintah oleh Bandung Bondowoso agar dapat menikahi Roro Jonggrang.

Roro Jonggrang meminta dibangunkan seribu candi selama satu hari satu malam. Akhirnya Bandung Bondowo bersemedi dan meminta bantuan para jin untuk membangunnya.

Karena tidak ingin menikah dengan Bandung Bondowo, maka Roro Jonggrang berusaha menggagalkan pembangunan seribu candi yang saat ini bernama Candi Prambanan tersebut. Para dayang dan perempuan di desa diperintahkan untuk menabuh lesung dan membakar jerami, guna suasananya terlihat seperti pagi.

Para jin yang menduga bahwa sudah pagi hari beranjak pergi dan menghentikan pembangunan candi tersebut. Bandung Bondowoso yang mengetahui bahwa semua ini adalah akal licik Roro Jonggrang, maka kemudian ia langsung mengubah gadis yang ingin ia nikahi itu menjadi patung.

Namun, itu semua hanya mitos belaka. Lantas, siapa sebenarnya yang membangun Candi Prambanan? Benarkah pembangunan candi tersebut hanya memakan waktu senalam? Simak penjelasannya di bawah ini.

Candi Prambanan Dibangun Oleh Kerajaan Mataram Kuno

bukan-para-jin-kerajaan-inilah-yang-membangun-candi-prambanan

Berdasarkan Prasasti Siwagrha, nama asli dari Candi Prambanan adalah Siwagrha yang berarti Rumah Siwa. Konsep trimurti (Siwa,Brahma,Wisnu) dalam candi ini sangatlah dimuliakan. Adapun nama prambanan sendiri merupakan nama dari desa tempat candi ini didirikan.

Candi ini dibangun oleh Kerajaan Medang atau lebih dikenal dengan Mataram Kuno pada masa Rakai Pikatan pada abad ke-9. Pembangunan candi tersebut kemudian dilanjutkan oleh raja-raja selanjutnya, Raja Lokapala dan Raja Balitung Maha Sambu.

Candi Prambanan pada waktu itu menjadi candi yang agung bagi Kerajaan Mataram Kuno, berbagai upacara penting berlangsung di sana. Adapun ibukota Kerajaan Medang berada di Dataran Kewu, kawasan yang tidak jauh dari prambanan.

Candi bercorak Hindu ini merupakan bangunan yang didirikan guna memperingati kembalinya Wangsa Sanjaya di Tanah Jawa. Serta juga, dibangunnya candi ini adalah sebagai saingan dari Candi Borobudur yang dibangun oleh Wangsa Syailendra.

Pembangunan Memakan Waktu Ratusan Tahun

bukan-para-jin-kerajaan-inilah-yang-membangun-candi-prambanan

Jika berdasarkan pada cerita rakyat, candi ini hanya dibangun dalam waktu semalam. Namun, menurut sejarah, Candi Prambanan memakan waktu yang tidak sedikit, melainkan ratusan tahun. Candi Prambanan memang dibangun pada masa Rakai Pikatan, akan tetapi masih dilanjutkan oleh raja selanjutnya, yakni Raja Lokapala dan Raja Balitung Maha Sambu.

Semasa Mpu Sendok, Candi Prambanan menjadi sebuah candi yang terbengkalai. Hal ini diakibatkan karena perubahan pusat pemerintahan, yang awalnya di Jawa Tengah, kemudian dipindah ke Jawa Timur. Adapun alasan perpindahannya diduga karena perebutan kekuasaan ataupun letusan Gunung Merapi.

Setelah dilakukannya perpindahan pusat pemerintahan, Candi Prambanan menjadi terlupakan dan perlahan runtuh. Puncaknya adalah ketika terjadi gempa bumi pada abad ke-16 yang membuat candi ini benar-benar runtuh.

Penemuan Kembali Candi Prambanan

bukan-para-jin-kerajaan-inilah-yang-membangun-candi-prambanan

Pada tahun 1773, CA Lons yang berkebangsaan Belanda mengaku menemukan reruntuhan dari Candi Prambanan. Mengetahui hal tersebut, dilakukanlah penggalian dan pemugaraan. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama, barulah pada tahun pada 1930 hingga 1953, restorasi dilakukan dengan baik.

Kini, Candi Prambanan menjadi salah satu objek wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Candi ini juga sudah termasuk ke dalam situs warisan dunia oleh UNESCO.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles