Sejarah, Pesawat Antariksa NASA Berhasil Tembus Atmosfer Matahari

ENSIPEDIA.ID, Jember – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, pesawat antariksa milik NASA (National Aeronautics and Space Administration) yang bernama Parker Solar Probe mampu menembus atmosfer matahari.

Dalam pernyataan resmi NASA pada 14 Desember 2021, ini merupakan tonggak baru menandai salah satu langkah besar bagi Parker Solar Probe serta ilmu tata surya. Sama halnya dengan pendaratan di bulan yang memungkinkan para ilmuwan mengetahui bagaimana bulan terbentuk, dengan menembus atmosfer matahari memungkinkan ilmuwan untuk mengungkap informasi dari matahari.

“Parker Solar Probe “menyentuh Matahari” adalah momen monumental untuk ilmu surya dan prestasi yang benar-benar luar biasa,” kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Sains di Markas Besar NASA di Washington, seperti dilansir dari nasa.gov

“Tonggak sejarah ini tidak hanya memberi kita wawasan yang lebih dalam tentang evolusi Matahari kita dan dampaknya terhadap tata surya kita, tetapi semua yang kita pelajari tentang bintang kita sendiri juga mengajarkan kita lebih banyak tentang bintang-bintang di alam semesta lainnya,” sambungnya.

“Kami akhirnya tiba. Umat manusia telah menyentuh Matahari,” kata Nicola Fox, Direktur Divisi Heliofisika NASA, yang berkantor di Washington DC, seperti dilansir dari sindonews.

Sebenarnya, pesawat antariksa Parker Solar Probe mampu menembus matahari telah terjadi 28 April 2021, akan tetapi kabar tersebut baru diumumkan 7 bulan setelahnya, atau lebih tepatnya pada 14 Desember 2021.

Pesawat antariksa tersebut terjadi pada jam 09.33 waktu universal pada 28 April 2021. Namun, butuh beberapa bulan bagi para ilmuwan guna mengunduh dan melakukan analisa yang telah didapatkannya, termasuk juga mengecek apakah memang benar bahwa pesawat antariksa Parker Solar Probe telah melintasi batas yang telah ditentukan, yakni di permukaan alven.

Adapun tanggal peluncurannya terjadi pada tahun 2018 silam. Parker mengorbit matahari dan berputar semakin dekat ke arah permukaan matahari pada setiap lintasannya. Pelindung panas karbon-komposit mampu melindungi dari suhu panas hingga 1.370 derajat celcius.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles