Mengapa Udara Tidak Dapat Terlihat?

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – Sebagai makhluk hidup, tentu kita amat membutuhkan udara untuk bernapas. Karena, jika kita tidak dapat bernapas tentu akan mati. Begitupun makhluk hidup lain, seperti hewan maupun tumbuhan. Namun, mengapa udara yang sering kita hirup tidak terlihat?

Sekilas Tentang Udara

mengapa-udara-tidak-dapat-terlihat
(foto: sehatq.com)

Udara adalah campuran gas tak kasat mata yang mengelilingi bumi. Benda yang tidak dapat terlihat ini mengandung zat penting, seperti oksigen dan nitrogen, yang dibutuhkan sebagian besar spesies untuk bertahan hidup. Manusia adalah salah satu spesies itu. 

Nitrogen dan oksigen membentuk sekitar 99 persen dari udara bumi. Manusia dan hewan lain membutuhkan oksigen untuk hidup. Karbon dioksida, gas yang bergantung pada tanaman, jumlahnya kurang dari 0,04 persen.

Tumbuhan dan hewan, masing-masing menghasilkan gas yang dibutuhkan makhluk lain untuk hidup. Tumbuhan membutuhkan karbon dioksida—manusia dan hewan mengeluarkan karbon dioksida sebagai produk limbah. Manusia dan hewan membutuhkan oksigen—tanaman menghasilkan oksigen selama proses penting yang disebut fotosintesis, yang mengubah energi matahari menjadi nutrisi.

Mengapa Udara Tidak Terlihat?

mengapa-udara-tidak-dapat-terlihat
(foto: rsadventbandung.com)

Udara terlihat tidak terlihat karena mengirimkan warna yang sangat sedikit ke mata kita. Sebagian besar objek tampaknya memiliki warna karena mereka menyerap beberapa panjang gelombang cahaya, atau warna, dan memantulkan yang lain kembali kepada kita. Objek tampak seperti warna yang mereka pantulkan ke mata kita.

Udara adalah campuran gas, terutama nitrogen dan oksigen, dengan molekul-molekul kecil yang berjauhan. Panjang gelombang cahaya dapat melewati molekul-molekul ini tanpa menabraknya.

Ketika mereka menabrak molekul, itu menyerap beberapa warna dan menyebarkan beberapa, menyebarkannya ke segala arah. Terlalu sedikit mencapai mata kita untuk kita perhatikan kecuali ada banyak. Misalnya, begitu banyak cahaya biru yang tersebar di atmosfer membuat langit terlihat biru.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles