Sadio Mane Sukses Ubah Desanya Di Senegal jadi Kota Kecil

ENSIPEDIA.ID, KENDAL – Salah satu pemain bintang Liverpool Sadio Mane mengubah desanya di Senegal menjadi sebuah kota kecil dengan membangun berbagai infrastruktur. Desa itu bernama Bambali.

Desa yang dihuni sekitar 2.000 penduduk itu awalnya hanya desa kecil yang warganya hidup dalam keterbatasan. Namun, pemain top Liverpool tersebut sukses mentransformasi Desa Bambali dengan membangun infrastruktur umum seperti sekolah.

Pemain berusia 30 tahun itu rencananya akan pulang kampung bulan ini untuk ikut andil dalam pertandingan amal bersama El Hadji Diouf, Papiss Cisse, dll.

Sebelumnya beberapa tahun yang lalu, Mane sempat menyumbangkan uang sebesar £455.000 untuk membiayai pembangunan gedung rumah sakit, termasuk merenovasi desanya yang dipindahkan.

Mane dilaporkan juga telah membangun sekolah dengan biaya sebesar £250.000. Tak hanya itu, untuk memudahkan penduduk setempat dalam beraktivitas ia juga membangun stasiun bahan bakar, hingga kantor pos.

Dilansir dari akun Twitter @AfricaFactsZone, selain membantu penduduk dengan membangun fasilitas umum, Mane dikabarkan juga memberikan bantuan rutin kepada penduduk di sana sebesar £70 perbulannya, serta membukakan layanan 4G untuk mereka.

Dengan gaya hidup sederhana, Mane berhasil menyumbangkan hartanya untuk kebaikan sesama. Dalam sebuah wawancara bersama salah satu media berita Ghana, nsemwoha, Mane menjelaskan gaya hidupnya serta tujuan apa yang ia inginkan semasa hidup.

“Mengapa saya harus memiliki sepuluh Ferrari, 20 jam tangan berlian, atau dua pesawat? Apa yang akan dilakukan benda-benda ini bagi saya dan bagi dunia?” katanya.

Mane juga merasa pernah mengalami kehidupan yang serupa dengan mereka.

“Saya dulu pernah kelaparan, saya harus bekerja di lapangan. Saya mampu bertahan dari masa-masa sulit, bermain sepakbola tanpa alas kaki, saya tidak memiliki pendidikan yang layak dan banyak hal lainnya. Tapi hari ini, dengan apa yang saya peroleh berkat sepakbola, saya dapat membantu orang-orang saya.”

Hilmi Harsaputra
Menyukai alam dan dunia secara fisik, flora fauna serta astronomi.

Latest articles