Resto Masakan Padang Nonhalal yang Viral Ternyata Sudah Berhenti Beroperasi, Sejak Kapan?

ENSIPEDIA.ID, KENDAL – Makanan termasuk bentuk kebudayaan yang berbeda di masing-masing daerah. Seperti Nasi Padang yang merupakan makanan dari Sumatera Barat. Selain karena cita rasanya yang lezat dan menggugah selera, masakan Minang juga terkenal akan “kehalalannya.”

Baru-baru ini, resto masakan Padang bernama Babiambo menjadi viral di media sosial karena disebut membuat masakan Padang yang “keluar jalur.” Berbeda dengan yang lain, restoran tersebut menyediakan masakan rendang yang terbuat dari daging babi. Hal inilah yang kemudian membuat heboh masyarakat Minang.

Sudah Lama Tak Beroperasi

Akun Instagram Resto Babiambo yang Kini Sudah Dinonaktifkan

Owner Babiambo, Sergio memberikan klarifikasi terkait kabar viralnya usaha miliknya. Ia mengaku kaget dengan hal tersebut.

“Saya juga kaget (usahanya viral),” kata Sergio dikutip dari Batamnews.co.id-jaringan Suara.com, Sabtu (11/6/2022).

Ia menyebut usahanya hanya bertahan 3 bulan sejak dibuka pada akhir 2019 dan kini sudah tidak beroperasi lagi karena bangkrut.

“Sebelum Covid-19 belum buka. Sebenarnya sekitar akhir 2019 hingga awal 2020. Memang tiga bulannya sekitaran di buka itu,” sambung ia.

Sekretaris Lurah Kelapa Gading Timur Yenny Fisdianty membenarkan pernyataan itu. Menurutnya, resto tersebut memang buka sejak awal pandemi secara online.

“Jadi sejak dia buka pas awal COVID ya kalau tidak salah dia usaha karena kena imbas dari COVID, jadi dia usaha resto tersebut dan memang online,” kata Yenny saat ditemui di Kantor RW 11, Kelurahan Kelapa Gading Timur, Jakut, Jumat (10/6).

Tak Mengantongi Izin Operasi

Pihak Kelurahan Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara menyebutkan usaha kuliner masakan Padang Babiambo tidak memiliki izin operasi.

Informasi itu didapat ketika Pihak Kepolisian, Dinas Perindustrian Perdagangan DKI, Pihak Kecamatan Kelapa Gading dan Pihak Kelurahan Kelapa Gading mengadakan pertemuan untuk menyelesaikan permasalahan ini.

“Kita melakukan konfirmasi baik ke rumahnya, juga pertemuan antara owner-nya dengan berbagai pihak, ada Polsek, Satpol PP, dan memang alhamdulilah sudah clear,” kata Yenny.

 

 

 

 

 

 

 

Hilmi Harsaputra
Menyukai alam dan dunia secara fisik, flora fauna serta astronomi.

Latest articles