Resmi, Valentino Rossi Pensiun dari Dunia Balap

ENSIPEDIA.ID, Jember – Balapan Valencia pada ajang MotoGP 2021 merupakan balapan terakhir resmi dari legenda dunia balap motor asal Italia, Valentino Rossi.

Pada akhir balapan, ia mendapatkan pelukan yang hangat dari para pembalap lain, serta sorak dan teriakan dari para penonton. “Vale Vale Val Vale,” sorak seluruh penonton di Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia

The Doctor, julukan Rossi, telah memacu kuda besinya selama 25 tahun, dimulai dari kelas 125 cc hingga MotoGP. Prestasinya pun tak main-main, 7 gelar juara dunia telah ia genggam bersama pabrikan Yamaha dan Honda. Valentino Rossi merupakan satu-satunya pembalap dalam sejarah yang mampu juara dunia di kelas 125cc, 250cc, 500cc, dan MotoGP

Valentino Rossi memulai karirnya di dunia balap profesional di Grand Prix kelas 125cc pada tahun 1996 bersama tim Scuderio AGV Aprila. Pada musim kedunya, ia pindah bersama tim Nastro Azuro Aprilia dan mempu menjadi yang terbaik.

Lanjut pada tahun 1998, Rossi naik kelas menjadi 250cc bersama dengan tim yang sama dan mampu memperoleh juara kedua. Setahun setelahnya, barulah ia menyabet gelar juara dunia di kelas tersebut.

Pada tahun 2000, Valentino Rossi bergabung dengan tim Nastro Azuro Honda di kelas 500cc. Ia kembali menjadi juara dunia di tahun 2001 barsama tim yang sama. Pada tahun 2002, merupakan awal dari era MotoGP, namun itu semua bukan halangan baginya, buktinya pada tahun perdana MotoGP ia juara dunia bersama Honda.

Tidak hanya sekali juara, Rossi mampu mempertahankan gelarnya selama 4 tahun berturut-turun, yakni dari 2002 hingga 2005. Pada dua musim selanjutnya, ia gagal menyabet gelar tersebut, dan kemudian memutuskan pindah ke Fiat Yamaha Team. Bersama tim Yamaha itulah yang menjadi gelar juara dunia terakhirnya, tepatnya tahun 2008.

Pada balapan terakhirnya, ia mengungkapkan ekspresi mengejutkan dan mengesankannya. Hal tersebut ia ungkapkan ketika wawancara dengan skuad Petronas Yamaha SRT secara online seperti dilansir dari motor-plus.online.com

“Momentum perpisahan yang luar biasa dan banyak hal yang mengejutkan, “Sempat deg-degan menghadapi laga terakhir di MotoGP Valencia 2021, eh ternyata malah mengesankan dan juga banyak kejutan,” ujarnya.

“Meskipun saya menyesal tidak dapat menggenapkan 10 titel juara dunia, tapi saya senang dapat menjalankan karier balap MotoGP selama ini,” pungkas Valentino Rossi.

Meskipun tahun ini ia tidak pernah naik podium, akan tetapi Valentino Rossi tetaplah menjadi legenda dan mendapat hati tersendiri dari penggemar MotoGP. Penulis yakin bahwa, masyarakat awan lebih mengenal Valentino Rossi ketimbang MotoGP.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles