Pinta Ma’ruf Amin Kepada MUI: Kaji Wacana Legalitas Ganja

ENSIPEDIA.ID, KENDAL – Dilansir dari wikipedia, ganja adalah psikotropika mengandung tetrahidrokanabinol dan kanabidiol yang membuat pemakaiannya mengalami euforia.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengkaji dan membuat fatwa baru mengenai penggunaan ganja dalam ranah medis.

Ia menegaskan, dalam Al-Qur’an sendiri sebetulnya ganja merupakan hal yang haram dan masih menimbulkan perdebatan.

“Saya minta MUI nanti segera membuat fatwanya untuk dipedomani, agar jangan sampai berlebihan dan menimbulkan kemudaratan,” ujarnya lewat keterangan yang diterima Tempo, Selasa, 28 Juni 2022.

Hal ini disampaikan Ma’ruf setelah DPR memulai langkahnya dalam mengkaji legalisasi ganja guna kebutuhan medis.

Sebelumnya, aksi seorang ibu bernama Santi yang membawa kertas bertuliskan “tolong, anakku butuh ganja medis” pada car free day (CFD) di Jakarta Pusat, Minggu (26/06/2022) menjadi viral di media sosial, hingga suaranya terdengar oleh anggota parlemen.

Menurut penjelasan dari Santi, anaknya mengidap sebuah kelainan bernama Celebral Palsy. Kelainan tersebut begitu sulit diobati dan hingga saat ini hanya minyak biji ganja yang efektif digunakan sebagai treatment.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad turut merespon kasus yang viral tersebut. Ia berjanji akan menampung usulan Santi. Dirinya akan mendorong Komisi III DPR RI untuk membahas rencana legalisasi ganja medis dalam Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Perubahan Kedua atas Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Kami akan mendorong rapat dengar pendapat dengan Komisi III yang kebetulan sedang membahas revisi UU Narkotika. Nanti juga akan dikoordinasikan dengan komisi terkait, Komisi IX,” ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan pada Selasa, 28 Juni 2022.

 

 

Hilmi Harsaputra
Menyukai alam dan dunia secara fisik, flora fauna serta astronomi.

Latest articles