Pandemi Mereda, Jakarta Kembali Jadi Kota Terpolusi Sedunia

ENSIPEDIA.ID, KENDAL – Pada 2020 silam, kita mendengar bahwa polusi udara di Jakarta menurun semenjak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19.

Menurut data yang diperoleh KLHK, per 1 Juli 2020 terdapat penurunan tingkat konsentrasi partikel PM 2,5 di beberapa wilayah.

Untuk diketahui, Indonesia menetapkan standar baku mutu PM 2,5 sebesar 15 mg/m3, sedangkan dari panduan WHO sendiri standar baku mutu PM 2,5 sebaiknya 10 mg/m3.

Mari kita lihat faktanya, rata-rata di tahun 2020 Jakarta mengalami penurunan PM 2,5 sebesar 15 persen menjadi 26,87 mg/m3. Kabar ini belum begitu memuaskan karena masih jauh di atas standar baku mutu yang ditetapkan Indonesia. Lalu, bagaimana keadaan udara di Jakarta saat ini?

Sempat Menjadi Kota Terpolusi di Dunia 

Kondisi udara Jakarta dilihat dari atas | kompas.megapolitan

Pada Rabu (15/6/2022) DKI Jakarta sempat menempati posisi pertama sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Hal ini dipublikasikan langsung oleh situs IQ Air (Air Visual) yaitu sebuah perusahaan teknologi asal Swiss yang memantau kualitas udara di beberapa kota-kota besar di dunia.

Pada pukul 10.00 WIB, indeks kualitas udara di Jakarta mencapai angka 185 AQI US yang masuk dalam kategori tidak sehat. Kemudian, pada pukul 12.00 WIB mulai menurun ke angka 165 AQI US dan turun ke kategori sedang pada 17.00 WIB dengan indeks sebesar 65 AQI US.

Pihak Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melalui humasnya, Yogi Ikhwan menjelaskan penyebab buruknya kualitas udara di Jakarta. Ia menyebut hal ini dipengaruhi oleh kelembaban yang tinggi, tetapi suhu rendah.

Dari dua pengaruh tersebut, keadaan udara diperparah dengan polusi udara yang berasal dari kendaraan bermotor di jalanan DKI.

“Berdasarkan data dari Stasiun Pemantauan Kualitas Udara (SPKU) yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta pada tanggal 15 Juni 2022 sejak dini hari kelembapan tinggi, sedangkan suhunya rendah. Akibatnya, polutan pencemar udara terakumulasi di lapisan troposfer,” kata Yogi, dikutip dari Kompas.com, Rabu (15/6/2022).

Upaya Pemprov DKI Jakarta dalam Kendalikan Polusi Udara

Pemprov DKI Jakarta diminta untuk prioritaskan penanganan polusi udara | Suara Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengupayakan agar aktivitas perekonomian yang ramai tidak dibarengi dengan dampak lingkungan yang negatif.

Di 2022, Pemprov DKI Jakarta menyusun strategi-strategi dalam mengendalikan pencemaran udara, di antaranya seperti:

1. Penguatan pemantauan udara

2. Melalukan berbagai kajian pendukung

3. Penyusunan peraturan yang mendukung implementasi kebijakan

4. Aksi-aksi nyata di lapangan untuk memperbaiki kualitas udara.

Dalam menjalankan kebijakan-kebijakan tersebut, Pemprov DKI Jakarta juga akan dibantu dengan pihak lainnya.

Hilmi Harsaputra
Menyukai alam dan dunia secara fisik, flora fauna serta astronomi.

Latest articles