Usulan Penghapusan Pajak Kendaraan, Diganti Pajak Saat Isi BBM di SPBU

ENSIPEDIA.ID – Beredar wacana penghapusan pajak kendaraan bermotor. Sebagai gantinya, pemilik kendaraan akan dikenakan pajak tambahan saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Hal ini diusulkan oleh Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi.

Usulan tersebut diutarakan oleh Tulus kepada Komisi V DPR RI saat tengah membahas penyusunan revisi Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Menurut Tulus, hal ini dilakukan agar konsumen atau pemilik kendaraan tidak dikenakan pungutan ganda. Pajak kendaraan akan dihapuskan, sementara itu pajak akan dialihkan saat pemilik kendaraan mengisi bensin di SPBU. Atau dengan kata lain, pungutan konsumen hanya dikenakan saat mengisi BBM dan tidak perlu membayar pajak kendaraan lagi.

“Kami mengusulkan dana preservasi ini bisa dipungut saat konsumen membeli BBM. Saya kira lebih adil ketika konsumen membeli BBM dikenakan dana preservasi,” kata Tulus.

Alasan utama pengusulan ini disebabkan oleh kesulitan pemerintah saat ingin menaikkan harga BBM. Karena tingkat konsumsi masyarakat terhadap BBM tidak terkendali, maka diperlukan langkah khusus untuk mengatasinya.

Dengan adanya peralihan ke pembelian BBM, hal itu akan mengendalikan tingginya konsumsi masyarakat terhadap BBM.

Selain itu, dana yang dihasilkan juga dapat digunakan untuk perbaikan dan preservasi jalan agar lebih maksimal.

Latest articles