ENSIPEDIA.ID, BOGOR – Pulau Paskah, atau dikenal sebagai Easter Island. konon, di wilayah tersebut terdapat banyak situs-situs kuno yang beberapa di antaranya belum terpecahkan. Pulau kecil ini terkenal dengan Patung Moai besar yang tersebar di seluruh pulau tersebut. Penduduk aslinya disebut Rapa Nui karena merupakan keturunan orang-orang Polinesia, seperti orang Hawaii, Tahiti, dan Maori (Selandia Baru). Bahasa asli Rapa Nui pun tidak begitu jauh berbeda dengan bahasa Polinesia pada umumnya dan bahasa resminya, yaitu Spanyol.

Baca disini: Mengungkap Misteri Situs Monumental Patung Moai

Pulau ini terletak di Samudra Pasifik, pada garis lintang -27,15 dan garis bujur -109,4, 3600 km barat Chili di Amerika Selatan. Pulau ini sekarang menjadi bagian dari Chili.

Kebudayaan Rapa Nui

Rapa Nui’s people

Peningkatan kebanggaan terhadap Rapa Nui ini tidak hanya dari situs peninggalan kunonya saja, kebudayaannya pun turut pantas mendapatkan perhatian. Kesenian seperti tari, dan musik sebagai tradisi utamanya merupakan bagian identitas sentral mereka yang rapuh karena pengaruh kuat terhadap ancaman dari Amerika Selatan.