Luhut: Pemerintah Siapkan Skenario Status Pandemi Covid-19 Menjadi Endemi

ENSIPEDIA.ID –  Beberapa negara di Eropa telah ditetapkan status pandemi Covid-19 endemi. Bagaimana dengan di Indonesia? Apakah status pandemi juga akan berubah menjadi endemi sehingga tidak ada lagi PPKM yang akan diterapkan?

Luhut Binsar Panjaitan, Luhut Binsar Panjaitan, mengungkapkan rencana kebijakan Menteri yang akan diambil oleh pemerintah terkait rencana penetapan status pandemi menjadi endemi.

Luhut mengungkapkan bahwa pemerintah telah melakukan beberapa diskusi bersama ahli kesehatan dan epidemiologi terkait penetapan status. Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan, mulai dari indikator kesehatan, sosial, ekonomi, hingga kebudayaan.

“Kita akan melakukan transisi ini secara bertahap, bertingkat dan terus berlanjut dengan berbasiskan data kesehatan, ekonomi, sosial budaya, serta menerapkan prinsip kehati-hatian,” ucap Luhut dikutip melalui CNBC Indonesia (22/2/2022).

Ia juga mewanti-wanti bahwa pemerintah tidak akan ikut latah terhadap perubahan status pandemi. Meskipun ada banyak negara yang telah mengubah status, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.

“Meskipun beberapa negara sudah mulai pelonggaran transisi endemik seperti Inggris, Denmark, Singapura, namun kita tidak perlu latah atau ikutan negara tersebut,” ungkap Luhut dalam jumpa pers melalui YouTube Sekretariat Presiden (21/2/2022).

Sebelum pemerintah menetapkan status yang baru, Luhut menjelaskan prakondisi yang mendukung penetapan status endemi. Beberapa penetapan status endemi harus diukur berdasarkan tingkat kekebalan masyarakat yang tinggi, saat kejadian yang rendah, hingga fasilitas fasilitas kesehatan yang memadai.

Namun prakondisi tersebut tidak menjamin penetapan status endemi, prakondisi tersebut harus memenuhi syarat-syarat yang terjadi dalam rentan waktu yang lama, stabil, dan konsisten.

“Prakondisi ini harus terjadi dalam rentang waktu panjang dan sudah stabil atau konsisten,” kata Luhut.

Salah satu tindakan yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah untuk terus menggenjot vaksinasi. Luhut mendorong semua pihak agar terus aktif dan giat mensosialisasikan vaksinasi agar kekebalan tubuh di masyarakat dapat dibangun dengan kokoh.

“Untuk dapat mencapai cita-cita transisi dari pandemi ke endemi, hal utama yang perlu dilakukan adalah menggenjot vaksinasi dosis kedua dan utamanya bagi para lansia,” tulisnya.

Latest articles