Hari Guru Sedunia 2021, Pemulihan Pembelajaran Akibat Pandemi

ENSIPEDIA.ID, Tangerang – Pada hari ini, tepatnya tanggal 5 Oktober merupakan peringatan Hari Guru Sedunia. Peringatan tersebut dicetuskan oleh UNESCO untuk memperingati ulang tahun penandatanganan Rekomendasi ILO/UNESCO tentang Status Guru tahun 1966.

Hari Guru Sedunia 2021 bertemakan “Teachers at the heart of education recovery”. Perayaan pada tahun ini difokuskan untuk memberikan dukungan kepada para guru untuk bisa berkontribusi secara maksimal dalam proses pemulihan pendidikan yang memburuk karena pandemi.

Sejarah Hari Guru Sedunia

Hari Guru Sedunia: UNESCO | UNESCO
Hari Guru Sedunia: UNESCO | UNESCO

Hari Guru Sedunia pertama diperingati pada tahun 1994. Peringatan itu dicetuskan oleh UNESCO untuk memperingati ulang tahun penandatanganan Rekomendasi ILO/UNESCO tentang Status Guru tahun 1996. Rekomendasi tersebut mengatur tentang tolak ukur hak dan kewajiban guru, serta standar awal guru untuk pengembangan pendidikan lanjutan, rekrutmen, ketenagakerjaan, dan kondisi belajar mengajar.

 

Acara Peringatan Hari Guru Sedunia 2021

World Teachers' Day | UNESCO
World Teachers’ Day | UNESCO

Acara perayaan Hari Guru Sedunia 2021 akan dilaksanakan bersamaan dengan pertemuan Committee of Experts on the Application of the Recommendations concerning Teaching Personnel (CEART), yang merupakan komite gabungan ILO-UNESCO.

Acara perayaan ini akan diselenggarakan secara daring dari tanggal 4 sampai 8 Oktober 2021 dan akan dibuka oleh Audrey Azoulay, selaku Direktur Jendral UNESCO. Rangkaian acara global dan regional selama lima hari tersebut akan memperlihatkan dampak pandemi terhadap para guru. Selain itu, acara tersebut akan menyoroti tanggapan kebijakan yang efektif dan bertujuan untuk menentukan langkah yang tepat agar bisa memaksimalkan potensi guru.

 

Baca Juga: Serba Salah Menteri Nadiem: Tutup Sekolah Saya Disalahkan, Buka Sekolah Juga Disalahkan

 

Berfokus kepada Pemulihan Pembelajaran

Hari Guru Sedunia: Dampak Pandemi terhadap Pendidikan | Kompas
Hari Guru Sedunia: Dampak Pandemi terhadap Pendidikan | Kompas

Kita semua tahu bahwa pandemi COVID-19 memberikan banyak dampak bagi kehidupan. Salah satu bidang yang paling terdampak adalah pendidikan. Banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan pandemi ini terhadap pendidikan. Oleh karena itu, pada perayaan ini UNESCO berfokus untuk memberikan dukungan kepada para guru untuk bisa berkontribusi secara maksimal dalam pembelajaran.

Latest articles