Diduga Bosan Hidup, Peziarah Depresi Rebut Kemudi Sebabkan Bus Kecelakaan

ENSIPEDIA.ID Sebuah tragedi mengenaskan terjadi di Tol Surabaya Ruas Dupak—Gempol pada Sabtu, 5 Maret 2022. Sebuah bus terbalik dan menabrak truk cold diesel pengangkut biji plastik. Bus tersebut membawa rombongan peziarah asal Palembang, Sumatera Selatan.

Kecelakaan karena salah seorang peziarah yang berinisial B terlupakan karena ingin merebut kemudi bus.Akhirnya bus oleng dan menabrakkan pengangkut biji plastik sebelum menabrak truk pembatas jalan.

Para peziarah asal Palembang tersebut ingin berziarah di Jombang, tepatnya di makam Sunan Ampel. Menurut laporan polisi, terdapat 3 korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Salah satunya adalah peziarah yang mencoba merebut kemudi bus.

Penumpang berinisial B berangkat dari Palembang layaknya orang normal.Berdasarkan keterangan para saksi, B mulai menyaksikan gelagat keanehannya setelah mengunjungi makam Sunan Ampel.

Menurut kepolisian kepolisian, B sempat berkata untuk mati secara bersama-sama.Hal tersebut dirangkum berdasarkan saksi penumpang bus yang selamat.

“Dia bilang ingin mati bersama-sama,” ungkap Kanit 2 Patroli Jalan Raya Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur, AKP Sigit Indra.

Menurut keterangan dari Ketua Rombongan bernama Rohman, B sempat mengatakan bahwa ia ingin mati dan dikubur di suatu tempat. B mengatakan hal tersebut saat perjalanan menuju makam Sunan Ampel.

“Saat menuju ke Makam Sunan Ampel, dia memang ngomong kalau ingin meninggal dan dikubur di sini. ‘Di sini’ itu tidak jelas di mana dan kita menganggap itu omongan biasa aja,” ungkap Rohman.

Kronologi Laka Lantas

Sebuah bus melaju di Jalan Tol Dupak – Tanjung Perak. Pada kilometer 4.400, seorang penumpang merebut kemudi bus dari pengemudi. Peristiwa terjadi sekitar pukul 11.45 WIB.

Supir bus yang berusaha mempertahankan kemudi akhirnya tidak dapat mengendalikannya lagi. Bus oleng dan menabrak guard rail sehingga arah bus berbalik. Bus menabrak truk pengangkut biji plastik yang melaju dari arah berlawanan. Kecelakaan antara bus dan truk pun tak bisa dihindarkan.

Sejauh ini, korban jiwa yang disebabkan oleh kecelakaan ini terdiri dari 3 orang, yaitu supir, kernet, dan B sendiri. Selain korban meninggal, terdapat pula korban dengan luka-luka yang dilarikan di RS PHC Surabaya.

Latest articles