MUI Sulsel Keluarkan Fatwa Haram Berikan Uang untuk Pengemis di Jalanan

ENSIPEDIA. ID, Kendal – Mengemis adalah suatu kegiatan meminta-minta sedekah (biasanya dalam bentuk uang) yang dilakukan di tempat umum. Mengemis acap kali dilakukan oleh segerombolan orang yang bertujuan untuk membantu perekonomiannya.

MUI Sulsel Mengeluarkan Fatwa Haram

MUI Sulsel mengeluarkan fatwa haram untuk memberikan uang kepada pengemis | Republika.co.id

Baru-baru ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan mengeluarkan fatwa bahwa haram hukumnya memberikan uang kepada pengemis. Pasalnya, mengemis dijadikan celah kesempatan oleh oknum-oknum untuk mengeksploitasi manusia, khususnya anak di bawah umur. Nah, hal itu menjadikan MUI Sulsel mengeluarkan fatwa ini.

Bukan perkiraan semata, sebelumnya MUI Sulsel sudah mengkaji fenomena anak pengemis di jalanan yang marak ditemukan di Makassar. Hasilnya sesuai dugaan, ternyata ada banyak pengemis yang dimanfaatkan oleh seseorang untuk memperoleh keuntungan pribadi, maupun kelompok.

Adapun Keputusan Ini Tertulis dalam Fatwa MUI Sulawesi Selatan Nomor 1 tahun 2021, yang Berbunyi: 

Isi Fatwa MUI Sulawesi Selatan nomor 1 tahun 2021 | Kumparan.com

1. Haram mengeksploitasi orang untuk meminta-minta;

2. Bagi pemberi, haram memberi kepada peminta-minta di jalanan dan ruang publik karena mendukung pihak yang mengeksploitasi pengemis serta tidak mendidik karakter yang baik;

Sedangkan bagi pengemis:

1. Haram jika yang bersangkutan memiliki fisik yang utuh dan sehat serta karena faktor malas bekerja;

2. Makruh jika yang bersangkutan meminta di jalanan atau tempat publik yang bisa membahayakan dirinya;

3. Wajib bagi pemerintah untuk menyantuni, memelihara dan membina dengan sebaik-baiknya.

Nah, dijelaskan pula bahwa wajib bagi pemerintah untuk memelihara dan membina pengemis dengan sebaik-baiknya supaya tidak ada lagi kegiatan mengemis, terutama untuk mencegah pengeksploitasian.

Tak hanya membebankan pada pemerintah, MUI Sulsel juga meminta lembaga pengelola zakat dan lembaga kemanusiaan untuk ikut andil dalam membantu pemerintah menangani dan membina para pengemis.

Dengan ini, masalah mengemis dan ekploitasi pada anak dapat dengan mudah diatasi oleh pemerintah. Semoga keputusan ini menjadi hal yang baik bagi seluruh komponen masyarakat.

 

 

Hilmi Harsaputra
Menyukai alam dan dunia secara fisik, flora fauna serta astronomi.

Latest articles