Miris, Negeri Kaya Sawit Tetapi Rakyat Masih Saling Dorong Berebut Minyak Goreng

ENSIPEDIA.ID, Jember РBeberapa kebijakan telah dibuat oleh pemerintah untuk melakukan pengendalian harga minyak goreng. Meskipun harga rata-rata nasional mengalami grafik penurunan, tetapi harga minyak goreng masih relatif tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan harga yang masih di atas ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Sebagian masyarakat kesulitan mendapatkan minyak goreng dengan harga yang terjangkau, baik di retail modern maupun pasar tradisional. Salah satu penyebabnya adalah proses distribusi yang masih seret.

Lonjakan harga minyak goreng ini telah terjadi selama kurun waktu empat bulan lebih. Sejak dua bulan lebih, kenaikan harga ini juga berdampak besar terhadap inflasi yang terjadi di Indonesia.

Keadaan melambungnya harga minyak goreng ini menjadi sebuah ironi tersendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia selalu memiliki pasokan minyak wasit yang melimpah.

Menanggapi situasi ini, pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian Perdagangan telah menggelontorkan dana subsidi sebesar Rp 3,6 Triliun yang digunakan untuk penyediaan minyak goreng murah seharga Rp 14.000 per liter.

Namun, kebijakan ini bukan tanpa masalah, minyak goreng murah yang sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah tersebut sangat susah untuk didapatkan dan menimbulkan kelangkaan. Saat ini, rak-rak minyak goreng di retail modern sering kosong (kehabisan stok).

Meskipun Kementerian Perdagangan berjanji bahwa pasokan minyak murah aman dan bisa tersedia di pasar, tetapi fakta yang ada di lapangan berbandik terbalik. Banyak rak di minimarket yang seharusnya menjadi tempat minyak goreng diganti dengan produk lain seperti margarin dan minyak kelapa bermerek Barco.

Tidak hanya di retail modern saja, di lasar tradisional pun mengalami hal yang sama. Sekalipun ada, harga yang tertera masih jauh dari Harga Eceran Tertinggi (HET).

Kelangkaan ini menyebabkan banyak warga yang mayoritas merupakan ibu rumah tangga rela antri berdesak-desakan hingga saling dorong dengan warga lain untuk mendapatkan minyak murah di operasi pasar yang diselenggarakan oleh sejumlah pihak.

Semoga saja permasalahan ini segera diatasi oleh pihak yang berkepentingan dan oknum-oknum yang bermain di dalamnya bisa diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles