Menpan RB: Tahun Ini Tidak Ada Rekrutmen CPNS

ENSIPEDIA.ID, Jember – Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyatakan bahwa pada tahun 2022 tidak akan ada rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Tjahjo Kumolo selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengungkapkan bahwa pada tahun ini pemerintah hanya akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Untuk seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2022, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan di tahun ini (2022), formasi untuk CPNS tidak tersedia,” ujar Tjahjo Kumolo, seperti dilansir dari kompas.

“Untuk itu, berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan seleksi CASN tahun 2022,” imbuhnya.

Menpan RB menjelaskan bahwa kebijakan peniadaan perekrutan CPNS dan justru merekrut PPPK adalah karena ingin mencontoh negara-negara maju yang jumlah ASN/civil servant/PNS lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah government worker/public services (PPPK).

“Mengacu kepada hal contoh baik tersebut, maka pemerintah Indonesia perlu mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh berbagai negara maju sebagai langkah memodernisasi birokrasi secara cepat,” ungkap Tjahjo.

Keputusan rekrutmen PPPK pada 2022 telah tertuang dalam Surat Menteri PANRB Nomor B/1161/M.SM.01.00/2021 tanggal 27 Juli 2021 tentang Pengadaan ASN Tahun 2022. Seleksi CASN 2022 akan difokuskan untuk merekrut tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh.

Tjahjo juga menyebutkan alasan lain yang menjadi penyebab ditiadakannya seleksi CPNS tahun 2022, yakni mengenai keterbatasan waktu. Ia menyebutkan bahwa pelaksanaan PPPK relatif lebih cepat jika dibandingkan dengan CPNS. Sehingga, jika tetap melakukan seleksi CPNS, maka dikhawatirkan tidak akan selesai tepat waktu.

“Namun, bukan sepenuhnya formasi CPNS dihilangkan dalam seleksi CASN tahun 2022. Formasi CPNS masih tetap dibuka melalui skema sekolah kedinasan,” ucapnya.

Dalam keterangan lainnya, Tjahjo juga mengungkapkan bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sedang mengkaji terkait kemungkinan diterimanya fresh graduate dalam formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Selain membahas mengenai seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), Tjahjo Kumolo menyusun kajian guna sebagau dasar untuk mengatur kriteria jabatan yang didapat diisi oleh PPPK dan PNS.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles