Mengenal VSED, Kondisi ‘Puasa sampai Mati’ yang Erat dengan Keluarga Kalideres

ENSIPEDIA.ID, KENDAL – Kasus kematian satu keluarga di Kalideres menjadi perhatian warganet beberapa pekan ini. Pasalnya, kematian mereka tergolong misterius yang hingga kini masih penuh tanda tanya.

Kasus Kalideres ini erat kaitannya dengan dugaan VSED, yaitu Voluntarily Stopped Eating and Drinking. Istilah tersebut merujuk pada kondisi seseorang yang berhenti makan dan minum secara ekstrem.

Dugaan ini berpangkal dari hasil autopsi pada lambung jenazah yang ditemukan dalam keadaan kosong, artinya orang tersebut tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman dalam waktu yang lama.

Pihak kepolisian akan terus menyelidiki motif dan penyebab dari meninggalnya satu keluarga secara misterius ini.

“Masih dalam penelitian,” kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan, Rabu (23/11/2022).

Kondisi VSED biasanya ditemukan pada seseorang yang memiliki penyakit mematikan hingga mereka memilih jalur ‘puasa sampai mati’ ini. Tujuannya agar mempercepat kematian mereka.

Namun, untuk menentukan pilihan ini anggota keluarga harus melewati tekanan-tekanan berat yang membuat perencanaan mereka lebih matang.

Hilmi Harsaputra
Menyukai bidang sosial-hukum, sosial-budaya, geografi, dan astronomi.

Latest articles