Mengenal Spirit Doll, Boneka Arwah yang Sedang Viral

ENSIPEDIA.ID, Jember – Saat ini boneka arwah atau spirit doll sedang viral dan menjadi bahan perbincangan banyak orang. Hal tersebut disinyalir karena banyaknya artis yang merawat boneka arwah, sebut saja seperti Ivan Gunawan dan Lucinta Luna.

Artis yang merawat boneka arwah seringkali mengunggah kebersamaannya dengan spirit doll pada laman media sosialnya. Boneka arwah ini ternyata sudah ada sejak zaman dahulu. Umumnya, boneka ini digunakan dalam ritual keagamaan maupun pemujaan.

Spirit doll merupakan boneka yang kegunaannya berkaitan dengan suatu hal yang berbau spiritual maupun ritual keagamaan seperti meditasi maupun doa. Bonek ini dapat berupa patung dewa-dewi, malaikat, tokoh suci serta para leluhur.

Namun, fungsi awal spirit doll ini berubah dengan seiringnya zaman. Kini, spirit doll dipercaya dapat digunakan sebagai metode penyembuhan atau healing. Boneka arwah masa kini merupakan boneka dengan bentuk sesuai keinginan pembeli. Nantinya, boneka tersebut akan dirawat oleh sang pemilik seperti anak sendiri. Proses merawat ini yang dipercaya mampu menyembuhkan batin seseorang.

Menurut Julia Inglis seperti dilansir dari cnn, spirit doll menjadi cerminan diri atau sarana mengekspresikan diri.

“Boneka arwah bisa menjadi cermin atau jembatan ke diri Anda yang mungkin tidak bisa Anda ekspresikan. Dia adalah seorang teman dan semakin banyak waktu yang Anda habiskan dengan teman ini, semakin Anda mencintai mereka. Mungkin Anda mulai menceritakan rahasia yang Anda simpan di hati dan tidak bisa dibagikan kepada orang lain,” ujar Inglis.

Dengan maraknya fenomena mengadopsi spirit doll ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghimbau kepada umat Islam untuk tidak memperlakukan boneka seolah seperti anaknya sendiri.

“Kalau itu diisi atau dipersepsikan tempat arwah, hukumnya tidak boleh memelihara makhluk halus. Kalau disembah musyrik, tapi kalau berteman saja berarti berteman dengan jin,” ujar Cholil.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles