Mengapa Banyak Orang India yang Ahli dalam Bidang IT?

Ensipedia.id, Jember – Banyak di antara perusahaan-perusahaan teknologi skala internasional yang ternyata dipimpin oleh orang berkebangsaan India. Contohnya seperti CEO Google Sundar Lichai, CEO Twitter Parag Agrawal, hingga CEO Microsoft Satya Nadella.

Selain dipercaya sebagai CEO, banyak juga perusahaan-perusahaan teknologi yang mempekerjakan orang India di bidang teknologi. Kompetensi orang India dalam teknologi sudah banyak diakui oleh dunia, bahkan tak jarang yang menyebut bahwa India adalah gudangnya ahli IT.

Lantas, mengapa mereka sangatlah ahli dalam bidang IT? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mahir Berbahasa Inggris

Dalam dunia teknologi yang serba canggih ini, kemampuan berbahasa Inggris sangatlah diperlukan oleh semua orang. India merupakan negara dengan penutur bahasa Inggris terbanyak setelah Amerika Serikat. Diperkirakan lebih dari seratus juta orang India mampu berbahasa Inggris.

Dengan menguasai bahasa Inggris, orang India mampu mengakses seluruh informasi di dunia yang mayoritas berbahasa Inggris. Selain itu, bahasa Inggris juga berguna untuk menjalin komunikasi dengan perusahaan-perusahaan dunia sehingga memudahkan mereka untuk berkarir di luar negaranya.

Jaringan Besar di Amerika Serikat Sejak 30 Tahun yang Lalu

Tiga puluh tahun yang lalu, para pendiri perusahaan yang ada di India berusaha keras untuk membangun perusahaan dan jaringannya di Silicon Valley. Jadi, usaha mereka agar ahli-ahli IT India menjadi handal dan dikenal oleh negara barat sudah dilakukan sejak lama.

Di sana, mereka secara terus-menerus membuat sebuah inovasi dan menciptakan hal-hal yang baru dalam bidang teknologi. Hasilnya, mereka mampu dipercaya oleh negara lain dan mengisi posisi jabatan yang strategis.

Pendidikan yang Mumpuni

Pendidikan di India telah menekankan pelajaran matematika sejak dini. Jika pendidikan di Indonesia pada umumnya mengajarkan aljabar pada tingkat menengah pertama, maka di India sudah dipelajari sejak kelas 6 SD.

Selain mendapatkan pendidikan IT di dalam negeri, banyak orang India yang yang tinggal di Amerika Serikat. Menurut beberapa sumber, imigran India adalah salah satu yang paling berpendidikan di Amerika Serikat.

Dorongan dari Lingkungan

Banyak dari orang India yang mendorong anaknya agar menjadi seorang sarjana IT. Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi adalah lingkungan sosial mereka. Orang yang ahli dalam STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics), akan sangat dihargai oleh masyarakat. Hal inilah yang membuat banyak orang India berlomba-lomba untuk menekuni di bidang saintek.

 

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles