Menang Gugatan Lawan Amber Heard, Johnny Depp: Hakim Mengembalikan Hidup Saya

ENSIPEDIA.ID, Jember – Hakim pengadilan negara bagian Virginia memutuskan untuk mengabulkan gugatan yang dilayangkan oleh Johnny Depp kepada Amber Heard atas kasus pencemaran nama baik pada Rabu (1/6/2022) sore waktu setempat.

Para hakim memutuskan bahwa Amber Heard harus membayar ganti ganti rugi sebesar US$15 juta kepada Johnny Depp karena dinilai telah melakukan perbuatan pencemaran nama baik terhadap pemeran Jack Sparrow dalam film Pirates of the Caribbean tersebut.

Tidak hanya Heard, Johnny Depp juga dikenakan denda karena juga melakukan tindakan pencemaran nama baik terhadap mantan istrinya tersebut. Depp harus membayar ganti rugi sebesar $US 2 juta kepada Heard.

Keputusan tersebut disampaikan dalam persidangan setelah tujuh hakim melakukan musyawarah selama 13 jam sebelum menyampaikan keputusannya.

Kronologi Laporan Johnny Depp

menang-gugatan-lawan-amber-heard-johnny-depp-hakim-mengembalikan-hidup-saya

Konflik antara Johnny Depp dan Amber Heard bermula ketika tulisan Amber Heard mengenai tindakan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) dimuat di harian Washington Post. Meski tidak menyebut secara spesifik, tetapi tulisan tersebut diasumsikan mengarah kepada sang suami, Johnny Depp.

Persidangan ini dimulai pada 11 April 2022 yang menggugat Amber Heard sebesar US$50 karena telah dianggap mencoreng nama baiknya sehingga membuat dia didepak dari berbagai proyek film, termasuk Pirates of the Caribbean.

Adapun gugatan ini sebenarnya dilayangkan pada 2019 lalu dan semestinya persidangan dimulai pada 2020. Namun, akibat pandemi membuat persidangan tertunda dan akhirnya dimulai pada 11 April 2022.

Komentar Johnny Depp Setelah Persidangan

menang-gugatan-lawan-amber-heard-johnny-depp-hakim-mengembalikan-hidup-saya

“Enam tahun lalu, hidupku, hidup anakku, hidup orang-orang terdekatku, dan juga hidup orang-orang yang sudah mendukungku dan percaya padaku selama bertahun-tahun, berubah. Semua terjadi hanya dalam satu kedipan,” kata Johnny Depp.

Setelah persidangan, Johnny Depp mengucapkan terima kasih kepada hakim karena telah memberikan hidupnya kembali. Hal tersebut disebabkan karena Amber memberikan pengakuannya kepada media, karir Johnny Depp serasa hancur.

“Tuduhan palsu, sangat serius, dan sebuah tuduhan kriminal ditujukan kepadaku melalui media, yang memicu rentetan ujaran kebencian yang tak ada habisnya, walaupun tak ada tuduhan yang diajukan kepadaku. Tuduhan itu tersebar ke seluruh dunia dalam nanodetik dan berdampak besar padaku dan karierku. Dan enam tahun kemudian, hakim memberikan hidupku kembali,” imbuhnya.

“Bicara soal kebenaran, hal itu adalah utangku kepada anakku, dan kepada orang-orang yang tetap teguh mendukungku. Aku merasakan kedamaian setelah akhirnya hal tersebut tercapai,” tuturnya.

Komentar Amber Heard Setelah Persidangan

menang-gugatan-lawan-amber-heard-johnny-depp-hakim-mengembalikan-hidup-saya

Raut kekecewaan terlihat dalam wajah Amber Heard setelah “kalah” dalam persidangan. Melalui akun Twitter-nya, Heard menyebutkan bahwa putusan ini merupakan sebuah kemunduran bagi kaum perempuan.

“Aku sedih karena bukti-bukti yang ada masih tidak cukup melawan kekuatan dan pengaruh dari mantan suamiku. Aku bahkan semakin kecewa dengan arti putusan ini bagi kaum perempuan,” tulis Amber Heard.

“Keputusan ini adalah sebuah kemunduran. Waktu kembali pada saat-saat pengakuan perempuan bisa dipermalukan di depan umum. Keputusan ini mengembalikan gagasan bahwa kekerasan terhadap perempuan harus ditanggapi dengan serius,” imbuhnya.

“Aku yakin pengacara Johnny berhasil membuat juri mengabaikan isu utama, yaitu kebebasan berbicara. Mereka juga mengabaikan bukti yang begitu meyakinkan sehingga kami bisa menang di Inggris,” lanjut Amber Heard.

“Aku sedih kalah dalam kasus ini. Tapi aku juga merasa semakin sedih karena kehilangan hak yang kupikir ku miliki sebagai orang Amerika, yaitu untuk berbicara dengan bebas dan terbuka,” pungkasnya.

 

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles