Mantan PM Jepang Shinzo Abe Tewas Tertembak, Pelaku Ternyata Bukan Orang Sembarangan

ENSIPEDIA.ID, KENDAL – kabar mengejutkan datang dari Negeri Sakura. Shinzo Abe, mantan Perdana Menteri (PM) Jepang dilaporkan tewas setelah ditembak oleh seseorang pada Jumat, (8/7/2022) pagi hari waktu setempat.

Pada saat itu, Abe sedang mengisi pidato politik di Kota Nara sejak pukul 11.30 waktu Jepang. Mendadak suara tembakan pun terdengar keras hingga membuatnya terkapar dan mengalami pendarahan.

Dalam video yang beredar, terdengar dua tembakan dengan selisih waktu sekian detik yang kemudian disusul dengan kepulan asap.

“Pada saat penyerangan, reporter Kyodo News yang sedang mewawancarai mendengar suara seperti dua tembakan,” lapor media lokal Jepang, Niigata Nippo.

Saat kejadian, Abe langsung tidak sadarkan diri dan mengalami henti jantung. Ia pun segera dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Sayang, nyawanya tidak dapat tertolong. Shinzo Abe dinyatakan meninggal oleh pihak rumah sakit pada Jumat sore.

Pelaku Penembakan Shinzo Abe

Tetsuya Yamagami, pelaku penembakan Shinzo Abe ditahan oleh kepolisian Jepang | detikNews

Kementerian Pertahanan Jepang menyebutkan pelaku penembakan Shinzo Abe adalah mantan Marinir Angkatan Laut dan pasukan bela diri Jepang yang bernama Tetsuya Yamagami. Ia aktif menjadi anggota pasukan bela diri maritim Jepang dari 2002 hingga 2005.

Pria berusia 41 tahun itu menggunakan senjata api rakitan untuk menembak dan mengenai bagian dada serta leher Abe. Ia melakukan aksinya dari jarak dekat yakni sekitar 3 meter dari posisi Abe berdiri.

Setelah melakukan penembakan, Tetsuya didorong dan dijatuhkan oleh pasukan pengamanan.

Motif Tetsuya Yamagami melakukan aksi penembakannya adalah karena ia mengaku tidak puas dengan kinerja Abe selama menjadi PM.

Hilmi Harsaputra
Menyukai alam dan dunia secara fisik, flora fauna serta astronomi.

Latest articles