Mengapa Lukisan Mona Lisa Begitu Mahal dan Sangat Terkenal?

ENSIPEDIA.ID Kendari, Siapa yang tidak tahu dengan lukisan Mona Lisa? Potret seorang wanita yang duduk dengan senyum misterius ini ditaksir hingga 808 triliun rupiah. Hal tersebut diungkap oleh seorang CEO perusahaan bernama Stephane Distinguin yang berencana ingin membelinya. Muncul sebuah pertanyaan, mengapa lukisan Mona Lisa begitu mahal dan terkenal?

Lukisan Mona Lisa merupakan karya seorang seniman dan pemikir di abad Renaisace bernama Leonardo da Vinci. Lukisan ini dibuat sekitar tahun 1503 hingga diselesaikan sekitar tahun 1517 (pada dasarnya lukisan tersebut belum selesai). Sejak tahun 1797, Mona Lisa dipajang di Musium Louvre Paris

Wanita dalam lukisan tersebut bernama Lisa Gherardini. Ia merupakan istri dari seorang saudagar kaya asal Paris bernama Francesco del Giocondo. Pada tahun 1503, da Vinci dimintai oleh Francesco untuk melukis potret istri yang sangat dicintainya.

Berikut faktor-faktor yang membuat lukisan Mona Lisa tertaksir sangat mahal dan begitu terkenal.

  1. Dibuat Oleh Sang Maestro

Salah satu alasan mahalnya lukisan Mona Lisa yaitu karena dibuat oleh seorang maestro seni lukis Leonardo da Vinci. Seperti yang kita ketahui, harga lukisan juga dipengaruhi oleh siapa tangan yang membuatnya. Selain lukisanMona Lisa, beberapa karya Da Vinci juga sangat terkenal di antaranya: Perjamuan Terakhir (1498), Salvator Mundi (1500), Perempuan dengan Cerpelai (ca. 1503), Manusia Vitruvian (ca. 1490), serta masih banyak lagi. Leonardo da Vinci bukan hanya seorang pelukis andal, ia juga seorang filsuf, pematung, arsitek, penulis, dan penemu.

  1. Pernah Dicuri

Alasan mengapa lukisan Mona Lisa begitu terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia adalah fakta bahwa lukisan ini pernah di curi. Pada tanggal 22 Agustus 1911, dunia dihebohkan dengan hilangnya lukisan Mona Lisa. Koran dan media massa saat itu beramai-ramai memberitakan berita kehilangan tersebut. Dua tahun kemudian, Lukisan Mona Lisa akhirnya ditemukan kembali. Seorang pria Italia bernama Vincenzo Peruggia ditangkap pada bulan Desember 1913 karena mencuri lukisan tersebut.

  1. Kemisteriusan Senyum Mona Lisa

Salah satu daya tarik dari lukisan Mona Lisa adalah senyuman wanita yang ada di gambar. Apakah Mona Lisa tersenyum atau tidak? Saat menatap langsung ke arah bibirnya, ia tampak tidak tersenyum. Sedangkan ketika melihat ke arah pipi Mona Lisa, ia tampak tersenyum lebar. Leonardo da Vinci membutuhkan waktu lama dalam mengamati wajah mayat untuk menyempurnakan senyuman di lukisan tersebut.

  1. Teknik yang Digunakan oleh Leonardo da Vinci

Sebagai seorang maestro seni lukis, Leonardo da Vinci menerapkan banyak sekali teknik melukis yang rumit dan dikembangkan sendiri. Misalnya, untuk teknik melukis Sfumato. Teknik ini membuat gradasi warna yang sangat halus dan tampak nyata. Ada pula teknik Chiaroscuro yang digunakan untuk membuat efek ilusi tiga dimensi.

Dari segi komposisi, keunikan lukisan ini sagatlah berbeda dari lukisan lain di zamannya. Lukisan wanita pada sat itu kebayakan dilukis hampir keseluruhan tubuh. Lukisan Mona Lisa hanya menggambarkan 3/4 tubuh dengan proporsi yang baik. Selain itu, background lukisan yang kompleks mengambarkan pemandangan yang indah dan juga penuh misteri.

  1. Keunikan Pakaian Polos Mona Lisa

Salah satu keunikan dari lukisan lain yang membuat Mona Lisa lebih dipandang dari lukisan wanita lain di zamannya adalah pakaian polos yang digunakan. Kebanyakan wanita yang dilukis mengunakan pakaian terbaik mereka. Pose-pose lukisan wanita lainnya juga terlihat kaku untuk menegaskan karakter anggun. Namun, Mona Lisa tampil berbeda. Ia hanya tampil dengan baju biasa dan lebih luwes. Keunikan inilah yang membuat Lukisan Mona Lisa tampak lebih dengan lukisan lainnya.

Latest articles