Kesal Jalan Rusak, Crazy Rich Grobogan Bangun Sendiri Jalan Desa Kelahirannya Senilai Miliaran Rupiah

ENSIPEDIA.ID, KENDALCrazy rich asal Grobogan, Jawa Tengah saat ini sedang ramai diperbincangkan karena tindakan yang dilakukannya.

Ia adalah seorang pria bernama Joko Susanto yang memperbaiki jalan di desa kelahirannya sepanjang 1,8 km dengan mengelontorkan dana sebesar Rp2,8 miliar.

Pria kelahiran Desa Jetis, Kecamatan Karangayung ini merupakan salah satu pengusaha yang bergerak di bidang properti. Ia menekuni usahanya itu sejak mulai merantau ke Jakarta.

Joko mengaku kesal dengan jalan di desanya yang sudah 10 tahun rusak tetapi tak kunjung diperbaiki. Saat hujan, kondisi jalan semakin memprihatinkan dengan genangan air yang cukup tinggi dan bercampur lumpur.

Suharnasik, kakak kandung Joko menjelaskan adiknya merasa prihatin dengan kondisi jalan di kampung halamannya setiap kali pergi mudik.

“Dia tahu jalan tersebut merupakan aset pemerintah daerah, tetapi demi keamanan pengguna jalan dia mengecor jalan dengan uang pribadinya,” jelasnya.

Joko berharap dengan adanya perbaikan jalan, akses penghubung antar desa dapat semakin baik sehingga membantu masyarakat dalam menjalankan roda perekonomian dan tidak menimbulkan korban lagi. Saat ini, jalan tersebut masih dalam proses pengecoran dengan bahan baku beton.

Sebelumnya, Kades Jetis mengatakan bahwa jalan tersebut dikelola oleh kabupaten, sehingga kewenangan dan tanggung jawabnya ada pada Dinas PUPR Kabupaten Grobogan. Ia juga mengaku pernah mengajukan perbaikan jalan itu tetapi tidak ada respon lanjutan dari dinas terkait.

“Jalan ini sudah rusak sekitar 10-20 tahun, dan belum pernah diperbaiki meskipun sudah diusulkan setiap ada musrenbangdes,” tuturnya.

Joko pun menerima banyak respon positif dan ucapan terima kasih, baik dari Kepala Desa Jetis maupun dari warga di desa-desa sekitar.

Dalam pembangunannya, Joko menggunakan jasa tenaga warga dari berbagai desa dan targetnya akan rampung sebelum lebaran sehingga saat mudik akses jalan yang mulus sudah dapat dinikmati warga lokal maupun pendatang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hilmi Harsaputra
Menyukai alam dan dunia secara fisik, flora fauna serta astronomi.

Latest articles