Kena Sanksi! Will Smith Dilarang Hadiri Academy Awards Selama 10 Tahun

ENSIPEDIA.ID, KENDAL – Will Smith dipastikan dilarang menghadiri Academy Awards selama 10 tahun ke depan buntut dari aksi yang dilakukannya terhadap Chris Rock sesaat sebelum membacakan pengumuman pemenang kategori film dokumenter terbaik.

Larangan ini diterbitkan langsung oleh The Academy of Motion Pictures Arts & Sciences (AMPAS), yaitu sebuah organisasi profesional yang terdiri dari sineas profesional di Amerika Serikat.

“Academy telah memutuskan, untuk jangka waktu 10 tahun sejak 8 April 2022, Tuan Smith tidak akan diizinkan untuk menghadiri acara atau program Akademi apa pun, secara langsung atau virtual, termasuk namun tidak terbatas pada Academy Awards,” Presiden Akademi David Rubin dan CEO Dawn Hudson seperti dikutip dari CNN.com, Sabtu (9/4).

Sebelumnya, 58 dewan Academy telah menggelar rapat untuk membahas peristiwa tidak mengenakan tersebut. Rapat itu diselenggarakan di Los Angeles pada Kamis (8/4/2022).

Setelah menemui keputusan, Academy menuturkan, “Oscar ke-94 dimaksudkan untuk menjadi perayaan banyak individu di komunitas kami yang melakukan pekerjaan luar biasa tahun lalu; namun, saat-saat itu dibayangi oleh perilaku yang tidak dapat diterima dan berbahaya yang kami lihat Mr. Smith tunjukkan di atas panggung.”

Academy juga meminta maaf kepada tamu undangan dan pemirsa atas insiden penamparan yang terjadi pada Minggu (27/3) silam.

“Selama siaran kami, kami tidak cukup menangani situasi di ruangan itu. Untuk ini, kami minta maaf. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk memberi contoh bagi para tamu, pemirsa, dan keluarga Akademi kami di seluruh dunia, dan kami gagal – tidak siap untuk hal yang belum pernah terjadi sebelumnya,” ujar mereka.

David Rubin dan Dawn Hudson mengucapkan terima kasih kepada Chris Rock dan jajaran presenter lainnya. Mereka menilai Chris berhasil menahan diri dan tetap tenang, serta merespon hal tersebut dengan bijak.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tuan Rock karena menjaga ketenangannya dalam keadaan luar biasa. Kami juga ingin berterima kasih kepada pembawa acara, nominasi, pembawa acara, dan pemenang atas ketenangan dan keanggunan mereka selama siaran kami,” tulis mereka.

Begitu pula dengan Will Smith yang turut bersuara mengenai keputusan yang ditujukan padanya.

“Saya menerima dan menghormati keputusan Academy,” kata Smith dalam sebuah pernyataan, dikutip dari People pada Sabtu, 9 April 2022.

Will Smith juga mengaku menyesal dan meminta maaf pada Chris Rock.

“Tindakan saya pada saat Academy Awards ke-94 mengejutkan, menyakitkan, dan tidak dapat dimaafkan. Daftar orang-orang yang telah saya sakiti sangat panjang, termasuk Chris, keluarganya, banyak dari teman-teman dan orang-orang terkasih saya, semua yang hadir, dan audiens global di rumah,” kata Smith.

 

 

 

 

Hilmi Harsaputra
Menyukai alam dan dunia secara fisik, flora fauna serta astronomi.

Latest articles