Kekayaan Google dan Apple Masih Kalah Jauh Jika Dibandingkan dengan VOC

ENSIPEDIA.ID, Jember – Vereenigde Oost-Indische Compagnie atau lebih dikenal dengan VOC merupakan perusahaan dagang asal Belanda yang dikenal kaya raya, bahkan kekayaan Google ataupun Apple masih kalah jauh jika dibandingkan dengan VOC.

VOC didirikan pada tahun 1602 dan pusat markasnya terletak di Amsterdam, Belanda–yang masih berdiri hingga saat ini. Perusahaan ini didirikan guna memonopoli rempah-rempah di Indonesia.

Perusahaan dagang ini mengirim lebih dari satu juta pelayar ke seluruh Asia, ini merupakan lebih daripada gabungan seluruh Eropa. Dalam perjalanan dari Amsterdam ke Batavia (sekarang Jakarta), akan berlangsung sekitar 8 hingga 10 bulan.

Kekayaan-google-dan-apple-masih-kalah-jauh-jika-dibandingkan-dengan-voc
Lambang kebesaran VOC dan Batavia karya Jeroni­mus Becx, 1651 (foto: national gheographic indonesia)

Belanda juga membawa sekitar 400.000 para buruh kontrak serta budak ke Suriname, 11.000 ke Demerary, 100.000 ke koloni Spanyol, 15.000 ke Berbice, 16.000 ke Essequibo dan juga 25.000 ke Recife

Namun, pelayaran ini bukan tanpa resiko, banyak kapal yang tenggelam karena badai, korban pembajakan atau terkena penyakit menular. Resiko tersebut diambil karena jika sudah sampai, maka akan memiliki peluang besar menjadi kaya raya.

Pada masa puncak kejayannya, saham perusahaan VOC mencapai 78 juta gulden Belanda atau sekitar 7,9 triliun dolar hari ini, dan jika dikonversikan ke dalam mata ruang rupiah senilau Rp. 112.640.175.000.000.000, sebuah nilai yang cukup besar.

Kekayaan-google-dan-apple-masih-kalah-jauh-jika-dibandingkan-dengan-voc
Foto beberapa pejabat VOC (foto: sejarah-nusantara.anri.go.id)

Artinya, saham dari perusahaan dagang Belanda tersebut setara dengan gabungan dari Apple, Amazon, Berkshire Hathaway, Microsoft, Wells Furgo dan juga Tencent. Berdasarkan fakta tersebut, perusahaan yang paling berharga di dunia saat ini, yakni Apple–hanyalah 11% dari saham VOC.

Meskipun membawa kemakmuran Belanda dan berhasil menghubungkan dunia, itu juga membawa penderitaan yang mengerikan bagi banyak orang. Selama dua ratus tahun VOC melakukan apa saja untuk memastikan asetnya terlindungi dan memperoleh keuntungan tinggi.

Kekayaan-google-dan-apple-masih-kalah-jauh-jika-dibandingkan-dengan-voc
Foto beberapa kapal dari perusahaan dagang Belanda, VOC (foto: attoriolong.com

Hal tersebut juga termasuk perdagangan budak, penindasan kolonial, dan juga perlakuan yang buruk dan tidak manusiawi terhadap para pekerjanya. Disamping itu juga, dengan perdagangan ini membentuk sebuah multikulturalisme bagi negara jajahannya.

Dapat kita bayangkan, bagaimana kayanya para kompeni pada waktu itu, dan juga kita semakin yakin bahwa negara tercinta kita ini memiliki banyak sumber daya alam yang melimpah, jika dikelola dengan baik mungkin dapat mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles