Jokowi Bertemu Elon Musk di Space X, Apa yang Dibahas?

ENSIPEDIA.ID, Jember – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bertemu dengan CEO Tesla Inc, sekaligus pendiri Space X Elon Musk di Gedung Stargate Space X, Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu (14/5/2022).

Dalam akun Instagram serta Twitternya, Presiden Joko menjelaskan pertemuannya dengan CEO Tesla tersebut membahas mengenai teknologi dan inovasi.

“Tiba di Gedung Stargate Space X, Boca Chica, Amerika Serikat, siang tadi, saya langsung bertemu tuan rumah, Elon Musk. Kami berbicara tentang teknologi dan inovasi,” tulis Jokowi di akun Instagramnya.

Dalam unggahan di Instagram Presiden Joko Widodo, terlihat Elon Musk mengenakan kaos hitam dengan gambar luar angkasa. Sedangkan Jokowi mengenakan kemeja putih dengan celana hitam.

Pasca tiba di gedung Space X, Elon Musk mengajak Jokowi untuk melihat fasikitas canggih yang dimiliki oleh perusahaannya. Dalan kesempatan tersebut, Elon menyatakan bahwa ia tertarik dengan masa depan Indonesia dan akan berkunjung ke Indonesia pada tahun ini.

“Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan Space X akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia,” ungkap Elon.

“Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan,” imbuhnya.

Kunjungan Presiden Jokowi ke markas perusahaan milik orang terkaya di dunia tersebut didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani.

Sebelumnya, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menyatakan bahwa Tesla telah mengirimkan beberapa irang ke Indonesia. Hal tersebut menanggapi tawaran dari Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan terkait nikel Indonesia.

Nikel merupakan bahan baku untuk pengembangan kendaraan berbasis listrik atau electric vehicle (EV) yang menjadi produk andalan Tesla.

“Pak Menko Marves dalam pertemuan menjelaskan kepada Elon Musk bahwa Indonesia bisa memenuhi kebutuhan nikel dengan standar environmental, social, and governance (ESG) yang tinggi, terutama dari aspek lingkungan dan emisi karbon,” ujar Jodi.

 

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles