WhatsApp, Instagram, dan Facebook Sempat Gangguan, Ada Apa?

Ensipedia, Manado Aplikasi WhatsApp pada Senin malam (4/10/2021) sempat mengalami down atau gangguan akses. Hal serupa juga dirasakan oleh para pengguna Instagram dan Facebook, kedua aplikasi populer ini juga tidak dapat diakses, baik di ponsel berbasis iPhone maupun Android.

Pihak Manajemen Memberikan Klarifikasi

Adanya gangguan tersebut, membuat pihak manajemen dari ketiga layanan itu segera memberikan klarifikasi lewat media sosial Twitter.

Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda, tulis akun WhatsApp.

Facebook pun kemudian menyampaikan bahwa mereka sedang berupaya memperbaiki gangguan tersebut agar layanan bisa kembali normal secepat mungkin.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” kata Facebook.

Instagram juga ikut memberikan klarifikasi resmi terkait gangguan tersebut.

Instagram dan beberapa layanan lain sedang mengalami sedikit kendala saat ini, dan mungkin kamu mengalaminya. Percayakan pada kami, kami sedang menanganinya,” tulis akun resmi Instagram.

Gangguan Pada Layanan Ini Sudah Pernah Terjadi

Ternyata kejadian seperti ini sudah pernah terjadi, tepatnya pada Maret dan April 2021. Pada saat itu terjadi pemadaman besar di mana setiap layanan ini turun selama lebih dari setengah jam setiap kali. Pada saat itu, Facebok mengkonfirmasikan bahwa ada kendala mengenai konfigurasi.

Dilansir dari situs Downdetector, pengguna pertama kali melaporkan gangguan akses pada layanan Facebook pada pukul 22.44 WIB, lalu diikuti laporan tentang WhatsApp dan Instagram satu menit kemudian.

Gangguan pada tiga layanan ini kemudian menjadi trending topik di media sosial Twitter. Tagar mengenai WhatsApp, #Instagramdown, dan #Facebookdown memuncaki daftar trending topik Twitter.

Syukurlah, ketiga layanan ini sudah dapat diakses kembali. Lewat akun pribadi miliknya, Mark Zuckerberg selaku CEO dari Facebook, menuliskan permohonan maaf sekaligus menyampaikan jika ketiga aplikasi tersebut sudah dapat digunakan kembali.
“Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger kini kembali online. Maaf atas gangguan hari ini – Saya tahu seberapa besar Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang Anda sayangi.”

Latest articles