Timnas Jepang Kalahkan Jerman, Netizen: Keajaiban Manga Blue Lock Is Real

ENSIPEDIA.ID – Timnas Jepang berhasil mengalahkan Timnas Jerman pada Piala Dunia Qatar 2022 dengan skor 2-1. Laga yang berlangsung di Stadion Internasional Khalifah itu menjadi sejarah baru bagi tim yang berjuluk Samurai Biru tersebut. Terlebih lagi pertandingan yang disajikan cukup dramatis. Kemenangan Jepang akhirnya dikaitkan oleh netizen dengan anime/manga Blue Lock.

Timnas Jepang dan Blue Lock

Jepang memang terkenal sebagai negara yang banyak memproduksi animasi bertema olahraga. Sebut saja Captain Tsubasa, Haikyuu!, Blue Lock, yang cukup populer di dunia.

Dengan kemenangan Jepang melawan Jerman, topik pembicaraan terkait mujurnya manga Blue Lock pun mencuat. Jepang yang menggunakan jersey biru dinilai sebagai hasil nyata dari manga Blue Lock.

Manga yang ditulis oleh Muneyuki Kaneshiro dan Yusuke Nomura sebagai ilustratornya itu pada dasarnya mengambil tema dalam menjalankan misi “project blue lock“.

Manga Blue Lock menceritakan upaya Federasi Sepakbola Jepang yang bangkit setelah Piala Dunia 2018. Jepang mulai membangun tim dengan mencari striker terbaik di dunia. Akhirnya, ada 300 orang yang dipilih sebagai calon pemain yang sebelumnya harus menjalani pelatihan di akademi khusus.

Misi pencarian tersebut dimulai dengan perekrutan pelatih bernama Ego Jinpachi yang merancang program tersebut. Program yang diberi nama “Blue Lock” yang akhirnya menjadi judul dari manga tersebut.

Kesamaan Blue Lock dengan Kemenangan Timnas Jepang

Hal pertama yang disadari oleh netizen ialah kesamaan jersey yang digunakan oleh Timnas Jepang dengan yang digunakan oleh salah satu karakter Blue Lock.

Banyak orang yang menduga bahwa kostum Timnas Jepang didesain langsung oleh Yusuke Nomura. Rupanya, kemiripan kostum ini berawal dari kerjasama Blue Lock dengan Timnas Jepang di Piala Dunia 2022. Pihak Blue Lock diminta menggambar tokoh di Blue Lock dengan menggunakan jersey Timnas Jepang yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Jersey yang berwarna biru dengan corak origami bangau tersebut melambangkan ekspresi diri. Jersey tersebut pun tampil di sampul Blue Lock. Harapan ekspredi diri pun dibuahkan melalui dua gol yang menembus gawang Jerman.

Baca Juga: Serba-Serbi Pembukaan Piala Dunia Qatar

Ekspresi Netizen Usai Kemenangan Timnas Jepang

Tak sedikit netizen yang mengaitkan kemenangan Timnas Jepang dengan kepercayaan akan kekuatan anime.

Seperti cuitan yang dilakukan oleh pengguna Twitter @krsasword

“Blue lock is real kekuatan anime menyertai tim jepang.”

Kata kunci “Jepang”, “Blue Lock”, dan “Blue Lock is Real” menjadi perbincangan hangat di jagad maya. Tak melulu soal hal yang serius, tak sedikit netizen yang membuah meme dan candaan dengan hal tersebut.

Tak hanya faktor “Blue Lock”, kemenangan Timnas Jepang tentunya berasal dari kerja keras, ketekunan latihan, dan dukungan dari berbagai pihak.

Latest articles