Mengenal Julukan “Paman Sam” untuk Amerika Serikat

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – Baru-baru ini jagat dunia maya dikejutkan tentang pernyataan Rangga Sasana atau biasa disapa Lord Rangga yang membuat pernyataan kontroversial di acara Podcast Dedy Corbuzier pada 19 Mei 2021 lalu. Rangga Sasana menyebutkan bahwa kata “Sam” yang tersemat pada julukan Amerika Serikat yakni “Uncle Sam” atau “Paman Sam” merupakan singkatan dari salah seorang Sultan Banten yakni Sultan Abdul Mufakir.

Benarkah bahwa istilah “Paman Sam” berasal dari Sultan Abdul Mufakir? Yuk, kenali Asal-Usul Julukan “Paman Sam” untuk Amerika Serikat.

Siapa Paman Sam itu?

Pada 7 September 1812, Amerika Serikat mendapatkan julukan yang sangat ikonik bagi negara tersebut yaitu “Uncle Sam” atau “Paman Sam”.

Nama Paman Sam berasal dari salah seorang penyuplai daging perang 1812 yang bernama Samuel Wilson dari Troy, New York. Barel daging yang dia suplai untuk tentara diberi cap “US” untuk menunjukkan bahwa itu milik pemerintah.

Akan tetapi para prajurit perang saat itu salah mengartikan kata “US”. Menurut mereka, kata tersebut adalah singkatan dari Uncle Sam yang merupakan nama panggilan Wilson.

Hal tersebut menarik minat dari koran lokal Amerika Serikat, mereka mengangkat cerita tersebut dan pada akhirnya Paman Sam dikenal secara luas oleh publik.

Samuel Wilson atau Paman Sam lahir di Massachusettts, Amerika Serikat pada tanggal 13 September 1766. Di usianya yang kenginjak 14 tahun, ia mendaftarkan diri sebagai anggota militer. Namun, ketika beranjak dewasa Wilson memilih menjadi seorang penyuplai daging.

Ia meninggal dunia pada tahun 1854 dan dimakamkan di pemakaman Oakwood, Troy, New York di samping istrinya. Makam Wilson dijuluki “Rumah Paman Sam”.

Menjadi Tokoh Kartun Serta Poster Perang Dunia I

Di dalam tokoh kartun, Paman Sam digambarkan sebagai tokoh yang memiliki janggut putih, berambut putih panjang, menggunakan topi berwarna putih dengan logo berbentuk bintang serta mengenakan mantel dengan rompi.

Yang pertama kali mempopulerkan tokoh kartun tersebut ialah Thomas Nast, salah seorang kartunis. Adapun gambarnya yang paling populer ialah gambar bertuliskan “I Want You For The U.S. Army ” karya James Montgomery Flagg. Gambar tersebut digunakan untuk poster rekrutmen tentara pada PD I.

Pada kongres Amerika Serikat yang berlangsung pada bulan September 1961, menetapkan bahwa Samuel Wilson atau Paman Sam diakui sebagai “nenek moyang lambang nasional Paman Sam di AS”

Nah, bagaimana ensiklopedian, sudah tahu kan asal-usul dari penamaan “Uncle Sam” pada julukan negara adidaya Amerika Serikat. Ternyata julukan tersebut bukan berasal dari Sultan Abdul Mufakir yang beberapa hari lalu disebut oleh Lord Rangga.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles