Jabatan Menteri Terunik di Dunia: Mulai dari Atasi Kesepian hingga Urusi Masalah Toilet!

ENSIPEDIA.ID, Manado – Tujuan dibentuknya sebuah lembaga negara, seperti kementerian adalah untuk membantu kepala negara dalam menangani bidang, tugas dan tanggung jawab yang diamanatkan.

Terdapat beberapa kementerian – kementerian populer yang kita kenal, di antaranya kementerian dalam negeri yang menangani urusan dalam negeri, kementerian luar negeri yang menangani urusan dan relasi dengan negara-negara lain, ada juga kementerian pertahanan, kementerian ekonomi hingga kementerian kelautan.
Tapi tahu tidak, jika ternyata ada beberapa negara di dunia yang memiliki lembaga negara atau kementerian yang terbilang unik, mulai dari mengatasi kesepian rakyatnya hingga mengurusi masalah toilet. Nah, penasarankan negara mana saja? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Menteri Kecerdasan Buatan dari Uni Emirat Arab

Omar Sultan Al-Olama, Menteri Kecerdasan Buatan | Sripoku.com

Pada Oktober 2017, Perdana Menteri dan Wakil Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum, melantik Omar Sultan Al-Olama menjadi Menteri Kecerdasan Buatan atau yang biasa disebut Artificial Intelligence (AI) pertama di dunia.

Adapun tujuan dibentuknya kementerian tersebut adalah untuk menjadikan negara UEA sebagai negara dengan teknologi paling maju di dunia.

2. Menteri Kemajuan Ilmu Pengetahuan dari Uni Emirat Arab

Sara Al-Amiri, Menteri Kemajuan Ilmu Pengetahuan | Kumparan.com

Selain Menteri Kecerdasan Buatan (AI), Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum juga melantik Sara Al-Amiri sebagai Menteri Kemajuan Ilmu Pengetahuan. Sara mengemban amanah untuk mewujudkan misi peneliti UEA menuju planet Mars.

Pada April 2018, UEA telah memulai program bertajuk a 100-year national program’ untuk menyiapkan para penelitinya menjejakkan kaki di Mars.

3. Menteri Kesepian di Inggris

Tracey Crouch, Menteri Kesepian | James Marsh/BRIPEX

Perdana Menteri Inggris, Theresa May telah menunjuk Tracey Crouch sebagai Menteri Kesepian pada tahun 2018 untuk mengatasi masalah sosial di Inggris, yaitu banyak manula yang terisolasi di rumah-rumah mereka.

Tak hanya itu, program kerjanya juga menangani isu kesepian di sekolah dasar dan menengah, agar anak-anak bisa memahami pentingnya hubungan sosial, serta mendukung sukarelawan untuk mendampingi pengidap penyakit menahun agar mereka tidak merasa berjuang sendirian.

4. Menteri Toleransi dari Uni Emirat Arab

Sheikha Lubna Al-Qasimi, Menteri Toleransi | Amazons Watch Magazine

Masih dari Uni Emirat Arab, Menteri Toleransi ini dibentuk dengan tujuan untuk mempromosikan toleransi sebagai nilai dasar di lingkungan masyarakat UEA. Sebagai negara muslim tetapi terbuka untuk semua orang, menjadikan negaranya sebagai model bagi dunia dalam hal penerimaan, keragaman, dan multikultularisme. Posisi ini dijabat oleh Sheikha Lubna Al-Qasimi, yang dilantik pada tahun 2016 silam.

5. Menteri Yoga dari India

Sriphad Naik, Menteri Yoga | The Indian Express

Pada tahun 2014, Perdana Menteri India, Narendra Modi membentuk kementerian unik yang khusus bertanggungjawab mempromosikan yoga dan pengobatan tradisional di India. Shripad Naik ditunjuk menjadi Menteri Yoga atau AYUSH (Ayurweda, Yoga, Unani, Siddha, Homeopati).

Meskipun pembentukan kementrian ini memicu kontroversi, akan tetapi semua program-programnya berhasil dilaksanakan. Pada Juni 2019 misalnya, acara yoga yang digelar berhasil mengundang 35.000 peserta.

6. Menteri Kesepian dari Jepang

Tetsushi Sakamoto, Menteri Kesepian | A Radio

Rupanya Menteri Kesepian tidak hanya ada di Inggris tapi di Jepang juga punya. Di awal tahun 2021 lalu, pemerintah Jepang menunjuk Tetsushi Sakamoto sebagai Menteri Kesepian. Adapun tujuan dibentuknya kementerian ini adalah sebagai dampak semakin terbatasnya interaksi sosial di masyarakat akibat pandemi Covid-19.

7. Menteri Kebahagiaan dari Uni Emirat Arab

Ohood Al-Roumi, Menteri Kebahagiaan | The Times of Israel

Uni Emirat Arab memang terkenal dengan kementerian yang unik-unik. Selain menjunjung tinggi toleransi, rakyat UEA juga diwajibkan untuk bahagia. Tak heran, jika negara ini memiliki Menteri Kebahagiaan yang dikepalai oleh Ohood Al-Roumi. Kementerian ini bertujuan untuk menciptakan dan memelihara kebahagiaan bagi rakyat UEA. Kementerian ini dibentuk pada bulan februari 2016.

8. Menteri Propaganda dan Agitasi dari Korea Utara

Kim Yo Jong, Menteri Propaganda dan Agitasi | Kompas.com

Pada tahun 2014, Kim Jong Un selaku pemimpin Korea Utara menunjuk adik perempuannya, Kim Yo Jong untuk memimpin kementerian urusan Propaganda dan Agitasi. Sesuai namanya, kementerian ini bertugas mengkoordinasikan pembuatan dan penyebaran propaganda di Korea Utara. Tugas utamanya adalah menyebarluaskan doktrin di masyarakat secara terperinci.

9. Menteri Toilet dari Jepang

Haruko Arimura, Menteri Toilet | Photographer: Akio Kon/Bloomberg via Getty Images

Salah satu dari daftar tiga hal paling terkenal di Jepang adalah tentang toilet. Ya, karena dianggap sangat penting, sampai-sampai negara ini memiliki museum toilet senilai US$60 juta.

Mengingat sangat pentingnya toilet, maka pada tahun 2014, Haruko Arimura dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri Toilet. Haruko bertugas untuk memperbaiki toilet umum, terutama toilet khusus perempuan.

Nah, itulah menteri-menteri dengan jabatan paling unik di dunia. Bagaimana menurut kalian?

Latest articles