Di Mana Selandia Lama? Ternyata di Sini Letaknya

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – Kebanyakan orang sudah tahu di mana Selandia Baru. Bagaimana tidak, hal itu umum sekali diketahui oleh orang-orang. Selandia Baru merupakan sebuah negara yang dekat dengan Australia. Mungkin salah dua pertanyaan yang muncul pada saat kita memikirkan Selandia Baru adalah “Jika ada Selandia Baru, Apakah ada Selandia Lama?” “Jika ada, di manakah Selandia Lama?”.

Asal Penamaan Selandia Lama

Provinsi Zeeland, Belanda | britannica.com
Provinsi Zeeland, Belanda | britannica.com
Selandia Baru pertama didatangi oleh bangsa Eropa pada tahun 1642 melalui ekspedisi yang dipimpin oleh Abel Tasman, seorang penjelajah Belanda. Abel Tasman berlayar dari Batavia pada tanggal 14 Agustus 1642 dengan 110 awak kapal dan 2 kapal, Heemskerck dan Zeehaen. Pada 13 Desember 1642 para awak kapal melihat sebuah daratan besar. Pada 18 dan 19 Desember 1642, Abel Tasman dan para awaknya berlabuh di Golden Bay.
Abel Tasman menamai daratan yang ditemukannya Stateen Land. Nama tersebut diberikan karena Abel Tasman mengira daratan tersebut merupakan bagian dari Amerika Selatan. Setelah itu, Hendrik Brouwer menemukan fakta bahwa daratan baru tersebut bukan bagian dari Amerika Selatan. Lalu Joan Blaeu menamai daratan tersebut Nieuw Zeeland, berdasarkan sebuah provinsi maritim di Belanda. Jadi, Selandia “Lama” yang selama ini kita tanyakan berada di Belanda.

Kebiasaan Orang Eropa Zaman Dahulu

Abel Tasman
Abel Tasman, penjelajah belanda | wikipedia.org
Ternyata, banyak tempat selain Selandia Baru yang dinamakan berdasarkan nama tempat yang sudah ada seperti New York, New Hampshire, dan New South Wales. Hal tersebut tidak terlepas dari kebiasaan para penjelajah Eropa pada masa penjelajahan yang menamai tempat di “Dunia Baru” berdasarkan nama tempat yang sudah ada di “Dunia Lama”. “Dunia Lama” yang dimaksud adalah Eurasia dan Afrika. Sementara “Dunia Baru” yang dimaksud adalah Amerika dan Australia.

Latest articles