Dampak Konflik Rusia-Ukraina Terhadap Indonesia

Ensipedia.id, Jakarta – Saat ini jagat dunia sedang digemparkan dengan adanya konflik yang terjadi antara Rusia-Ukraina. Vladimir Putin selaku Presiden Rusia sudah mendeklarasikan perang dengan Ukraina. Dan juga Pada Kamis (24/02), mereka sudah meluncurkan “Invasi Skala Penuh”, sehingga sejumlah ledakan sudah mulai terdengar di Ukraina.

Lalu Lantas, apa dampak konflik Rusia-Ukraina terhadap Indonesia?

Dampak ekonomi yang akan dialami dari segi bahan energi seperti harga minyak dunia akan melonjak. Beberapa komoditas yang Indonesia impor-ekspor ke Ukraina akan mulai goyah dikarena konflik ini. Jika harga minyak mulai naik juga, maka Indonesia perlu mengantisipasi dampak yang mungkin akan terjadi seperti inflasi di dalam negeri. Harga BBM, LPG, dan tarif dasar listrik juga akan mengalami penyesuaian.

Tak hanya dampak ekonomi yang dirasakan, dampak dari segi politik pun akan dirasakan oleh Indonesia. Menurut Dosen HI Unair, ia menjelaskan jika invasi ini tidak segera diatasi, maka akan terjadi anggapan bahwa setiap negara bisa menginvasi negara tetangga dengan argumen “persamaan etnis”. Selain itu, ditakutkan Tiongkok akan menggunakan logika yang sama terhadap Taiwan dan Laut China Selatan.

Gejolak pasar saham pun akan terjadi, dengan adanya tanda eskalasi perang akan yang bisa membuat banyak investor menahan untuk bertransaksi di pasar saham. Karena dengan adanya kenaikan harga minyak dunia dan inflasi yang diakibatkan oleh aksi militer Rusia, membuat para investor merasa khawatir dengan pemulihan ekonomi dunia.

Latest articles