Hallyu atau Korean Wave, Apa Itu ?

300

ENSIKLOPEDIA BEBAS – Di sini ada yang tau gak apa si Korean Wave atau Hallyu itu? Apakah itu gelombang yang dimaksud adalah air?

Jadi, Korean Wave atau yang bernama Hallyu adalah tersebarnya budaya korea secara mendunia. Korean Wave ini dimulai pada tahun sekitar 1990-an dimulai dari beberapa film dan drama TV yang berjudul Swiri.

Pada tahun 2004, Korean Wave ini menyumbang korea 0,2% PBD Korea berjumlah  USD 1,87 miliar. Pada tahun 2019 Hallyu diperkirakan memiliki peningkatan sebesar USD 12,3 Milliar.

Fenomena ini juga sangat mendapatkan hati di masyarakat Indonesia. Dikarenakan music nya yang easy listening dan gerakan tarian yang lumayan energik, terbukti dengan adanya boyband dan girlband seperti SMASH dan Cherrybelle.

Korean Wave ini juga tidak identik dengan boyband dan girlband saja. Melainkan ada acara hiburan lain seperti drama, dan variety shows yang menyajikan budaya budaya korea.

Salah satu pemicu dari Korean Wave ini dikarenakan perkembangan teknologi yang masif dan mudah ditemukan dalam sosial media menjadi salah satu faktor utama antusiasme publik terhadap Korean Wave ini.

Jadi, menurut kalian apakah Korean Wave ini baik atau buruk? Menurut saya, Korean Wave akan terus berkembang karena majunya media sosial tiap harinya.

Referensi :

[1] N.N. 2021. “Gelombang Korea”. Diakses dari https;//id.wikipedia,org/wiki/Gelombang_Korea. Diakses pada 15 Agustus 2021.

[2] EGSAUGM. 2020. “Fenomena Korean Wave di Indonesia”. Diakses dari https;//egsa.geo.ugm.ac,id/2020/09/30/fenomena-korean-wave-di-indonesia/. Diakses pada 15 Agustus 2021.

{3] ARINDANVTS. 2020. “Korean Wave atau Hallyu, Demam Baru di Masyarakat?”. Diakses dari https;//kumparan,com/arindanvts/korean-wave-atau-hallyu-demam-baru-di-masyarakat-1usNNFcLB6U/full. Diakses pada 15 Agustus 2021.