Honorer akan Dihapus Tahun Depan, Bagaimana Kelanjutan Nasibnya?

ENSIPEDIA.ID, KENDAL – Mulai November 2023 tenaga honorer resmi dihapus di seluruh instansi pemerintahan. Aturan ini tertuang dalam Surat Menteri PANRB Thahjo Kumolo Nomor B/185/M.SM.02.03/2022 tentang Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Salah satu poinnya yaitu adanya larangan pengangkatan pegawai di luar status PNS dan PPPK. Ada juga poin yang meminta seluruh instansi menyelesaikan masalah pegawai non-ASN yang tidak memenuhi syarat dan tak lulus seleksi CPNS dan PPPK selambat-lambatnya tanggal 28 November 2023.

Nasib Para Honorer

Tenaga Honorer Akan Dilakukan Tes CPNS | Surabayaayo.com

 

Dilansir dari kompas.com, tenaga honorer bisa diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS), tetapi harus mengikuti seleksi dan sesuai persyaratan yang berlaku.

Para tenaga yang tak lolos dan tak memenuhi persyaratan akan dilakukan pengangkatan pegawai melalui outsourcing (tena alih daya) yang disesuaikan dengan kebutuhan Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D). Diharapkan pengangkatan pegawai ini juga mempertimbangkan keuangan masing-masing K/L/D.

“Jadi PPK pada K/L/D tetap bisa mempekerjakan outsourcing sesuai kebutuhannya, bukan dihapus serta merta,” ucap Menpan-RB Tjahjo Kumolo dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (3/6/2022).

Dirinya juga menambahkan, instansi yang membutuhkan tenaga pengemudi, tenaga kebersihan, dan satuan pengamanan juga dapat dilakukan melalui outsourcing serupa oleh pihak ketiga.

Perhatian khusus terhadap penyelesaian masalah dan penanganan tenaga honorer telah dilakukan oleh pemerintah, ia menyebut tenaga honorer telah berjasa mengabdi di lingkungan instansi pemerintah.

“Langkah ini dilakukan seiring dengan pelaksanaan reformasi birokrasi, khususnya penataan SDM aparatur dan penguatan organisasi instansi pemerintah. Langkah strategis ini sesuai kesepakatan dengan DPR,” ujarnya.

 

 

Hilmi Harsaputra
Menyukai alam dan dunia secara fisik, flora fauna serta astronomi.

Latest articles